11 Warga Tegal Keracunan Timus Ubi, 2 Orang Tewas

Yunibar ยท Jumat, 27 Desember 2019 - 02:46 WIB
11 Warga Tegal Keracunan Timus Ubi, 2 Orang Tewas
Korban tewas akibat keracunan makanan timus ubi dimakamkan di pemakaman umum Desa Purbasana, Kecamatan Tarub, Kabupaten Tegal, Kamis (26/12/2019). (Foto: istimewa)

SLAWI, iNews.id - Sebanyak 11 warga Desa Purbasana, Kecamatan Tarub, Kabupaten Tegal keracunan massal usai menyantap timus ubi goreng. Dua di antaranya tewas, sedangkan sembilan lainnya dirawat di rumah sakit.

Keracunan massal itu terjadi Rabu (25/12/2019) siang. Belasan warga tersebut mengalami mual, kepala pusing dan muntah seusai memakan timus ubi goreng.

"Ada 11 warga yang keracunan setelah makan timus ubi. Dua orang meninggal tadi pagi setelah dirawat," kata Sekretaris Desa Purbasana, Hariri kepada awak media, Kamis (26/12/2019).

Dia menyebutkan, dua korban tewas akibat keracunan yakni‎, Suwarno (32), warga Desa Purbasana; dan Supendi (22), warga Desa Setu, Kecamatan Tarub.

 

Sedangkan sembilan korban lainnya masih dirawat di RSI PKU Muhammadiyah Singkil, Adiwerna. Mereka antara lain Sofyan (15) , Akhmad Hasyim Faozan (24), Umi Nuroh (55), ‎Saiful (17) , Sulistyo (25), Awi (30), dan Rizal (18).

Hariri mengatakan, seluruh korban keracunan merupakan karyawan di industri rumahan pembuatan knalpot di rumah Umi‎ Nuroh (55) warga Desa Purbasana.

"Pemilik usaha knalpot juga ikut keracunan, termasuk yang buat timus juga," ucapnya.

Menurut Hariri, timus goreng itu disajikan pemilik rumah untuk karyawannya. "Makanan itu diberikan sekitar jam 10 an. Setelah dua jam, mereka mulai mual dan kepala pusing dan langsung dibawa ke puskesmas," katanya.

Kasus keracunan tersebut kini sudah ditangani Polres Tegal. Petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal juga sudah ke lokasi dan mengambil sampel makanan untuk diuji di laboratorium untuk mengetahui penyebab keracunan tersebut.


Editor : Kastolani Marzuki