13 Tenaga Medis RS Mardi Rahayu Kudus Positif Covid-19

Taufik Budi ยท Rabu, 06 Mei 2020 - 21:40 WIB
13 Tenaga Medis RS Mardi Rahayu Kudus Positif Covid-19
Ilustrasi dokter yang menangani pasien corona. (Foto: Sindonews)

SEMARANG, iNews.id – Sebanyak 13 tenaga medis Rumah Sakit (RS) Mardi Rahayu Kudus Jawa Tengah dinyatakan positif corona (Covid-19). Mereka terdiri atas dokter spesialis, perawat, farmasi, dan lainnya masih menjalani isolasi di rumah sakit untuk mengembalikan kondisi kesehatannya.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, sudah komunikasi dengan Dirut Rumah Sakit Mardi Rahayu untuk melakukan tindakan protokol kesehatan yang lebih ketat. Tracking dan tracing terhadap tenaga kesehatan yang dinyatakan positif juga harus diperketat agar diketahui riwayat kontaknya.

“Kan kita memang meminta sama dirut-nya sudah intens bicara dengan saya untuk melakukan sebuah tindakan protokol yang lebih ketat lagi, dan tracing sistemnya juga akan lebih diperketat lagi agar kita bisa mengetahui mereka sudah berhubungan dengan siapa,” kata Ganjar, Rabu (6/5/2020).

Ganjar mengaku sudah berkomunikasi dengan beberapa dokter yang diisolasi. “beberapa dokter juga sudah berkomunikasi dengan saya, kemarin kita bantu rapid test dan sekarang masuk PCR. Kami berharap mudah-mudahan di Kudus ini bisa segera terdeteksi positif negatifnya, sehingga penanganannya bisa lebih pas," ujarnya.

Politikus PDIP itu menyampaikan, akan menyediakan tempat khusus untuk penanganan selama masa isolasi. Langkah ini serupa juga dilakukan terhadap tenaga medis di RSUP Kariadi Semarang beberapa waktu lalu.

"Kemarin dari luar (RSUP) Kariadi sudah ada yang komunikasi ke kita untuk meminta beberapa tempat, ada dokter dari luar Kariadi juga sudah menempati fasilitas di hotel kami Kesambi Hijau. Nanti kami siapkan kalau memang perlu, kami punya tempat banyak seperti balai diklat dan tempat lain yang bisa digunakan," katanya.


Editor : Kastolani Marzuki