25 Pelajar yang Diduga Hendak Menyusup Demo UU Cipta Kerja Dipulangkan

Kristadi ยท Selasa, 13 Oktober 2020 - 09:41:00 WIB
25 Pelajar yang Diduga Hendak Menyusup Demo UU Cipta Kerja Dipulangkan
Pelajar yang diduga hendak menyusup demo buruh menolak Undang-Undang Cipta Kerja di depan kantor DPRD Jawa Tengah (Jateng) dipulangkan, Selasa (13/10/2020) dini hari. (Foto: iNews/Kristadi Kelik)

SEMARANG, iNews.id - Sebanyak 25 pelajar yang diduga hendak menyusup demo buruh menolak Undang-Undang Cipta Kerja di depan kantor DPRD Jawa Tengah (Jateng) dipulangkan, Selasa (13/10/2020) dini hari. Mereka dipulangkan karena tidak terbukti melakukan pelanggaran.

Puluhan pelajar dari sekolah menengah atas dan sekolah menengah kejuruan dari semarang dan luar kota itu pada Senin (12/10/2020) sore diamankan unit Reskrim Polrestabes Semarang. Mereka diduga hendak menyusup melakukan aksi rusuh di depan DPRD Jateng.

Salah satu orang tua pelajar yang terjaring petugas mengaku dirinya tidak mengetahui anaknya ikut dalam aksi yang dilakukan buruh. Dia pun memastikan akan lebih ketat mengawasi pergaulan anaknya.

"Saya enggak tahu, pulang dari kantor jam 12.00 tanya, anak mana ternyata ada di kantor polisi," ucap orang tua siswa, Budiyanto, Selasa (13/10/2020).

"Saya malu dan sudah kasih lihat itu pak Ganjar sambangi anak-anak STM," ucapnya lagi.

Sementara itu. Kasat Reskrim Polrestabes Semarang AKBP Benny Setyowadi mengaku akan pendalaman motif dan tujuan dari pelajar ikut aksi yang dilakukan buruh. Petugas juga memeriksa percakapan di handphone pelajar apakah ada bukti ajakan akan berbuat onar.

Namun, dalam pemeriksaan diketahui para pelajar hanya sebatas ingin menonton aksi demo saja. Memang ada beberapa pelajar yang sengaja membawa pasta gigi, sebagai antisipasi jika terjadi penembakan gas air mata.

"Adik-adik ini pelajar yang pas kebetulan lihat aksi dan kebetulan pengen gabung. Nah itu yang kami cegah karena ini aksi buruh dan kami amankan," kata Benny.

Editor : Nani Suherni