3 Klaster Aktif di Tegal, Ada Hotel Berbintang dengan 9 Karyawan Positif Covid-19

Yunibar ยท Rabu, 07 Oktober 2020 - 14:26:00 WIB
3 Klaster Aktif di Tegal, Ada Hotel Berbintang dengan 9 Karyawan Positif Covid-19
Wakil Wali Kota Tegal, Muhammad Jumadi (Foto: iNews/Yunibar)

TEGAL, iNews.id - Jumlah warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Tegal, Jawa Tengah mengalami meningkat. Wakil Wali Kota Tegal, Muhammad Jumadi menyebut ada tiga klaster aktif penularan Covid-19, satu di antaranya sebuah hotel berbintang di jalur pantura.

Muhammad Jumadi menjelaskan, klaster itu muncul di sebuah hotel bintang tiga di jalur pantura Jalan Gajah Mada Kota Tegal. Sembilan karyawan hotel tersebut terkonfirmasi positif Covid-19.

Dia menambahkan, dua klaster lainnya yakni rombongan guru studi banding ke Purwokerto sebanyak 12 dan klaster keluarga di Kelurahan Pekauman Kecamatan Tegal Barat sebanyak 14 orang positif.

"Jadi ada klaster aktif yang masih kami lakukan tracing, klaster guru, klaster keluarga dan klaster hotel,"

Dari total 35 orang yang terpapar, 34 orang tanpa gejala. Sementara satu orang memiliki penyakit bawaan atau komorbit.

Awalnya di klaster hotel hanya satu orang yang terpapar lalu menular ke dua orang lainnya hingga bertambah menjadi sembilan orang. Kesembilan orang tersebut satu orang warga Brebes, tiga warga Kabupaten Tegal dan lima orang warga Kota Tegal.

"Ada klaster baru di salah satu hotel Kota Tegal. Sampai hari ini ada 9 orang yang positif, mereka para pekerja," ucapnya.

Akibat karyawan positif Covid-19, untuk sementara hotel tersebut ditutup hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Hingga kini Dinas Kesehatan Kota Tegal telah mengambil sampel swab pada 5.000 warga. Jumlah ini melebihi target tes PCR yang dipersyaratkan badan kesehatan dunia (WHO).

Editor : Nani Suherni