3 Perbatasan di Yogyakarta Dijaga Petugas, Berikut Lokasinya

Kuntadi ยท Selasa, 14 April 2020 - 11:11 WIB
3 Perbatasan di Yogyakarta Dijaga Petugas, Berikut Lokasinya
Area Malioboro Yogyakarta (Foto: Antara)

YOGYAKARTA, iNews.id - Sesuai protokol pengendalian transportasi saat pandemi Covid-19 dalam Peraturan Kementerian Perhubungan RI No. 18/2020, Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan mengkontrol di tiga perbatasan wilayah. Hal ini mengantisipasi lonjakan pemudik yang melintas di DIY.

Adapun perbatasan yang akan menjadi posko penjagaan yakni Jalan Magelang (sekitar wilayah Tempel), Jalan Solo (wilayah perbatasan Prambanan) dan Kulonprogo (sekitar wilayah Congot).

Kepala Dinas Perhubungan DIY Tavip Agus Rayanto mengatakan, akan mengontrol penggunaan masker pada setiap pengendara dan soal jaga jarak, sesuai dengan Surat Keputusan Gubernur DIY terkait pemudik.

“Untuk bandara, stasiun, kami telah berkoordinasi dengan Angkasa Pura dan KAI untuk melaksanakan protokol sesuai dengan Peraturan Menhub RI. Kalau untuk kendaraan bus dan mobil pribadi, akan difilter di jalan perbatasan. Mulai minggu ini kami sudah lakukan,namun masih bersifat sosialisasi," kata Tavip dikutip website resmi Pemda DIY, Selasa (14/4/2020).

Terdapat beberapa peraturan yang harus dipatuhi oleh penumpang kendaraan umum dan penumpang kendaraan pribadi yakni:

Penumpang Moda Transportasi Bus:

  1. Menggunakan masker dan membawa alat kebersihan/kesehatan sesuai pedoman Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).
  2. Setelah sampai tujuan, akan dilakukan pemeriksaan kepada penumpang. Bagi yang berasal dari zona merah, harus membawa surat keterangan dari RT daerah asal dan surat kesehatan. Selanjutnya, yang bersangkutan akan diperiksa suhu tubuhnya dengan thermo gun.
  3. Jika tidak terdapat tanda-tanda yang mengindikasikan gejala COVID-19, maka akan diberikan surat pengantar dari terminal untuk disertakan saat melapor ke RT/RW di alamat tujuan.
  4. Jika tidak membawa surat kesehatan baik sehat maupun tidak, yang bersangkutan akan diarahkan ke pos terpadu untuk diperiksa kesehatannya. Hasil pemeriksaan akan menjadi rekomendasi untuk menentukan penumpang tersebut dapat melakukan karantina mandiri atau harus secara khusus
    Membeli tiket secara online dan mampu menunjukkan bukti transaksinya

Kendaraan Pribadi Roda Dua dan Empat:

  1. Setiap penumpang baik motor ataupun mobil, wajib membawa surat keterangan dari alamat asal dan surat keterangan sehat.
  2. Untuk kendaraan roda empat, harus memenuhi kriteria syarat sosial yakni untuk mobil dengan kapasitas 7 tempat duduk, maksimal mengangkut 3 orang termasuk sopir. Sedangkan mobil dengan kapasitas 5 tempat duduk, maksimal mengangkut 2 orang termasuk sopir.
  3. Untuk kendaraan roda dua, dilarang mengendari motor dengan cara berboncengan, wajib menggunakan alat pelindung diri berupa masker.

Tavip menambahkan, tidak segan menindak jika terdapat pelanggaran. Untuk mengantisipasi adanya pemudik yang masuk jalan alternatif, Dishub DIY juga telah berkoorinasi menutup jalan kabupaten.

“Untuk yang tidak membawa surat, pilihannya dua yakni diperiksa kesehatannya di tempat saat itu juga, atau diminta untuk balik arah," ucapnya.


Editor : Nani Suherni