5 Anggota Banser di Kendal Keracunan Diduga Akibat Makan Lele Goreng

Eddie Prayitno ยท Kamis, 30 Mei 2019 - 12:54 WIB
5 Anggota Banser di Kendal Keracunan Diduga Akibat Makan Lele Goreng
Anggota banser yang mengalami keracunan makanan setelah memakan lele goreng. (Foto: iNews/Eddie Prayitno).

KENDAL, iNews.id - Lima anggota banser di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah (Jateng), dilarikan ke puskesmas diduga karena keracunan. Mereka mengeluh pusing dan mual usai makan lele goreng saat sahur.

Dari lima orang tersebut, tiga sudah diizinkan pulang. Sedangkan dua di antaranya masih menjalani perawatan intensif ruang IGD.

Seorang korban, Ismanto mengatakan, awalnya merasa pusing dan muntah usai menyantap nasi dengan lele goreng di pospam lebaran Jalan Pantura Brangsong.

BACA JUGA: Keracunan Massal Sambal Ayam Kremes di Wonogiri, 93 Dirawat dan 1 Meninggal

"Sudah curiga, karena bau busuk di ikan lele," kata Ismanto usai pulang dari Puskesmas Brangsong, Kabupaten Kendal, Jateng, Kamis (30/5/2019).

Menurut dia, seorang temannya sempat muntah saat baru makan beberapa suap. Sedangkan Ismanto dan rekan-rekan lainnya merasakan mual dan pusing setelah memakan hampir separuh santapan sahur itu.

Makanan tersebut dibeli dari warung tenda, tidak jauh dari lokasi pospam untuk santap sahur. Mereka makan di sela-sela pendirian pospam lebaran di Masjid Baitusalam yang kebetulan rampung dini hari.

BACA JUGA: 254 Warga Keracunan Massal Usai Buka Puasa Bersama di Kapuas Kalteng

"Tiba-tiba perut merasa mual dan pusing," katanya.

Ketua Banser Satkoryon Brangsong, Said Zain mengatakan, sisa ikan lele goreng yang belum dimakan kini sudah diamankan dan dijadikan barang bukti pelaporan ke Polsek Brangsong. Dugaan sementara karena keracunan ikan lele.

"Kayaknya ikan lele yang busuk dan tidak segar," ujar dia.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal