5 Perampok 30 Kilogram Emas Dibekuk Tim Jatanras Polda Jateng

Kristadi ยท Rabu, 06 Juni 2018 - 16:52:00 WIB
5 Perampok 30 Kilogram Emas Dibekuk Tim Jatanras Polda Jateng
Kapolda Jateng, Irjen Pol Condro Kirono dan para pelaku perampokan emas. (Foto: iNews/Kristiadi)

SEMARANG, iNews.id - Tim Jatanras Kepolisian Daerah Jawa Tengah (Polda jateng) menangkap lima orang perampok yang menyasar distributor emas. Dalam aksinya, para pelaku berhasil membawa kabur emas seberat 30 kilogram (kg).

Kapolda Jateng, Irjen Pol Condro Kirono mengatakan, untuk memuluskan aksinya para perampok berbagi tugas. Dia menjelaskan John Luter Piri bertugas sebagai pimpinan kelompok, Bambang sebagai sopir, Agus Triana dan Dedi menjadi eksekutor, serta Santoso bertugas mengamati situasi.
 
Menurut Condro, dalam aksinya komplotan itu selalu memiliki modus yang sama. Setelah mendapatkan informasi dari Santoso, mereka membuntuti korban dari belakang. Saat korban di tempat sepi para pelaku kemudian beraksi.

“Mereka memepet mobil korban seperti debt collector, setelah berhenti mereka mengeluarkan senjata api dan pelaku yang lain masuk kemudian menyekap korban menggunakan borgol dan lakban. Pelaku kemudian membuang korban di tempat sepi,” kata Condro, Rabu (6/6/2018).

Condro mengatakan barang bukti yang berhasil disita dari tangan pelaku berupa 10 kg emas, senilai Rp1,5 miliar dan ratusan jenis emas senilai Rp200 juta, dan uang tunai Rp30 juta. Barang bukti tersebut merupakan hasil kejahatan selama empat bulan terakhir di dua lokasi yakni Tegal dan Grobogan.

Dari kejadian di wilayah Tegal, pelaku berhasil menggasak perhiasan emas seberat 8 kg dan uang tunai Rp57 juta. Sementara di wilayah Grobogan, pelaku berhasil membawa 22 kg emas serta uang Rp220 juta.

Menurut pengakuan para tersangka, sebagian hasil perampokan sudah digunakan untuk kebutuhan sehari-hari dan membeli barang berharga lainnya seperti mobil. Atas perbuatannya para pelaku dijerat Pasal 365 KUHP, dengan ancaman maksimal 9 tahun penjara.

Editor : Muhammad Saiful Hadi

Bagikan Artikel: