5 Warga Klaten Peserta Ijtima Ulama di Gowa Terkonfirmasi Positif Covid-19

Nani Suherni ยท Senin, 20 April 2020 - 14:21 WIB
5 Warga Klaten Peserta Ijtima Ulama di Gowa Terkonfirmasi Positif Covid-19
Ribuan peserta tetap menghadiri Ijtima Dunia 2020 Zona Asia di Gowa, Sulsel. (Foto: Antara)

KLATEN, iNews.id - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Pencegahan Covid-19 Kabupaten Klaten mengumumkan penambahan lima kasus positif corona. Lima kasus tersebut merupakan kluster jamaah ijtima ulama di Gowa, Sulawesi Selatan.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19, Cahyono Widodo menjelaskan kasus positif Covid-19 di Klaten menjadi tujuh orang. Dua orang di antaranya telah dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang untuk menjalani solasi mandiri sesuai protokol kesehatan.

“Kasus penambahan ada lima orang yang telah terkonfirmasi positif Covid-19. Kelima orang tersebut termasuk dalam kluster Jemaah Tabligh di Gowa, Sulawesi Selatan. Sehingga secara kumulatif sampai hari ini jumlah pasien positif Covid-19 menjadi tujuh orang dan dua orang di antaranya telah sembuh,” kata Cahyono Widodo dikutip website resmi Pemprov Jateng, Senin (20/5/2020).

Cahyono merinci, dari lima orang pasien positif Covid-19 tersebut, dua orang di antaranya berasal dari Kecamatan Juwiring dan tiga orang berasal dari Kecamatan Wonosari. Saat ini, dua orang tengah menjalani perawatan di RSST Soeradji Tirtonegoro Klaten dan tiga orang menjalani perawatan di RSD Bagas Waras Klaten.

“Kelima pasien tersebut saat ini dalam kondisi yang baik dan stabil,” ujarnya.

Cahyono menuturkan, kasus ini termasuk kategori imported cases karena pasien tertular pada saat melakukan perjalanan ke Gowa, Sulawesi Selatan pada tanggal 18-23 Maret 2020. Sebagai tindak lanjut penemuan kasus tersebut, Satgas telah melakukan tracing atau pelacakan kepada orang-orang yang pernah kontak dengan pasien dan akan segera dilakukan rapid test.

Dia meminta masyarakat tidak panik dengan penambahan kasus positif Covid-19 tersebut. Harus tetap disiplin untuk melakukan protokol kesehatan, mulai dari menerapkan pola hidup bersih dan sehat serta memakai masker ketika keluar rumah.


Editor : Nani Suherni