6 Bapaslon Akan Lawan Kotak Kosong dalam Pilkada 2020 di Jateng

Felldy Utama ยท Senin, 14 September 2020 - 23:45 WIB
6 Bapaslon Akan Lawan Kotak Kosong dalam Pilkada 2020 di Jateng
Suasana deklarasi dukungan sejumlah parpol kepada pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Semarang Hendrar Prihadi-Hevearita Gunaryanti Rahayu di Semarang. Pasangan tersebut akan melawan kotak kosong di Pilkada 2020.(Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id -  Enam bakal pasangan calon (bapaslon) di Jawa Tengah akan melawan kotak kosong pada Pilkada serentak 2020 yang digelar pada 9 Desember mendatang. Keenam bapaslon itu terdaftar sebagai calon tunggal di antaranya Boyolali, Grobogan, Kebumen, Kota Semarang, Sragen, dan Wonosobo.

Secara nasional, total ada 25 bapaslon yang terdaftar pada Pilkada Serentak 2020. Itu artinya, ke-25 bapaslon itu akan melawan kotak kosong.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ilham Saputra mengatakan, ke-25 bapaslon itu merupakan hasil perpanjangan pendaftaran terhadap 28 daerah yang memiliki bapaslon tunggal. Data dihimpun hingga hari penutupan masa perpanjangan pendaftaran Minggu, 13 September 2020 pukul 24.00 WIB.

"Jumlah daerah yang terdapat calon tunggal sebanyak 25 Kabupaten/kota," kata Ilham dalam keterangan di Jakarta, Senin (14/9/2020).

Sebanyak 25 calon tunggal itu, dia menyampaikan, didapatkan setelah ada tiga bakal calon kepala daerah yang mendaftarkan diri saat perpanjangan berlangsung. "Jumlah bakal pasangan calon yang telah diterima pendaftarannya pada masa perpanjangan pendaftarannya berdasarkan data sementara yang dihimpun melalui Sistem Informasi Pencalonan (Silon) hingga tanggal 13 September 2020 pukul 24.00 WIB sebanyak 3," tuturnya.

Berikut enam bapaslon yang akan lawan kotak kosong:

1. Kabupaten Boyolali

Mohammad Said Hidayat (petahana wakil bupati) - Wahyu Irawan

2. Kabupaten Grobogan

Sri Sumarni (petahana bupati) - Bambang Pujiyanto

3. Kabupaten Kebumen

Arif Sugiyanto (petahana wakil bupati) - Ristawati Purwaningsih

4. Kota Semarang

Hendrar Prihadi Hendi-Hevearita Gunaryanti Rahayu (petahana wali kota-wakil wali kota)

5. Kabupaten Sragen

Kusdinar Untung Yuni Sukowati (petahana bupati) – Suroto

6. Kabupaten Wonosobo

Afif Nurhidayat-Muhammad Albar


Editor : Kastolani Marzuki