6 Pedagang Positif Corona, Pasar Mangkang Semarang Ditutup 3 Hari

Wisnu Wardhana ยท Selasa, 09 Juni 2020 - 19:38 WIB
6 Pedagang Positif Corona, Pasar Mangkang Semarang Ditutup 3 Hari
Pasar Mangkang di Kota Semarang ditutup sementara selama tiga hari akibat enam pedagang positif corona. (Foto: iNews/Wisnu Wardhana)

SEMARANG, iNews.id – Enam pedagang di Pasar Mangkang, Kota Semarang positif terinfeksi virus corona (Covid-19). Hal itu diketahui dari hasil tes swab. Terkait itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang menutup sementara pasar tradisional tersebut, Selasa (9/6/2020).

Sebelumnya, Pemkot Semarang juga menutup Pasar Karangayu lantaran ada pedagang yang positif Covid-19.

Camat Ngaliyan, Agus Prihartanto mengatakan, Pasar Mangkang ditutup selama tiga hari ke depan mulai 9-11 Juni 2020. “Selama penutupan, pasar akan dibersihkan dengan disemprot disinfektan serta pengaturan jarak lapak antar pedagang,” katanya.

Dia mengatakan, penutupan Pasar Mangkang dilakukan petugas gabungan Dinas Pasar dan TNI-Polri. Penutupan ini dilakukan menyusul adanya enam pedagang yang terpapar virus Covid-19.

Penutupan sementara pasar tradisional tersebut dikeluhkan para pedagang. Salah satunya diungkapkan, Kholil. Dia mengaku rugi karena tidak dapat berjualan. Meski demikian, Kholil pasrah jika keputusan pemerintah menutup pasar.

Pantauan iNews di lapangan, meski telah ditutup sementara, petugas masih mendapati sejumlah pedagang yang nekat berjualan. Petugas terpaksa menutup kios tempat mereka berjualan dan memberikan sosialisasi.

Apabila selama dalam penutupan ada yang membandel pengelola pasar akan memberikan sanksi. Hal ini dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19.


Editor : Kastolani Marzuki