Aksi Jogo Tonggo Ala Warga Desa di Kendal Bantu Warga Terdampak Covid-19

Eddie Prayitno ยท Kamis, 28 Mei 2020 - 15:08 WIB
Aksi Jogo Tonggo Ala Warga Desa di Kendal Bantu Warga Terdampak Covid-19
Warga Desa Pagerdawung, Kecamatan Ringinarum, Kendal, Jawa Tengah (Jateng) mempunyai cara unik untuk bergotong royong membantu warga terdampak Covid-19. (Foto: iNews/Eddie Prayitno)

KENDAL, iNews.id - Warga Desa Pagerdawung, Kecamatan Ringinarum, Kendal, Jawa Tengah (Jateng) mempunyai cara unik untuk bergotong royong membantu warga terdampak Covid-19. Mereka membuat tempat untuk bersedekah dengan menaruh bahan makanan di tempat yang disiapkan.

Secara suka rela warga membawa bahan makanan ataupun makanan siap saji di pertigaan desa. Biasanya dalam sehari, warga dua kali bersedekah menaruh bahan makanan. Slogan boleh taruh sedekahmu dan boleh ambil sedekah ini diharapkan secara bersama-sama bergotong royong membantu warga terdampak pandemi Covid-19.

Warga menyambut senang program Jogo Tonggo besutan Pemprov Jateng tersebut. Salah satunya Nur Faizin, pekerja serabutan yang terpengaruh pandemi Covid-19.

Kebutuhan sehari-hari keluarganya bisa dipenuhi dengan bantuan warga sekitar. Bahkan, program sedekah ini bisa memupuk rasa saling menjaga dan berbagi sesama warga.

"Saya senang sekali dengan adanya bantuan dari warga ini," ucap Nur, Kamis (28/5/2020).

Kepala Desa Pagerdawung, Wahyu Arianto mengatakan program ini merupakan penjabaran dari imbauan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo untuk bersama-sama membantu warga yang terdampak pendemi Covid-19. Dia menilai, kesadaran warganya cukup baik, terbukti setiap pagi dan sore tempat untuk menaruh sedekah selalu penuh.

"Kesadaran warga di sini sangat tinggi. Biasanya rame pas pagi sama sore," ucap Wahyu.

Program Jogo Tonggo ini, rencananya akan sediakan di setiap RW agar masyarakat yang hendak bersedekah tidak perlu jauh datang ke balai desa. Tempat sedekah yang disediakan, mampu menampung 30 paket sumbangan yang dapat digantungkan.


Editor : Nani Suherni