Aksi Keprihatinan untuk KPK, Mahasiswa UNS Bawa Keranda dan Tabur Bunga

Septyantoro ยท Senin, 07 Juni 2021 - 21:42:00 WIB
Aksi Keprihatinan untuk KPK, Mahasiswa UNS Bawa Keranda dan Tabur Bunga
Aksi demo mahasiswa UNS Solo di depan kampus dengan membawa keranda sebagai bentuk keprihatinan terhadap KPK, Senin (7/6/2021). Foto: iNews/Septyantoro.

SOLO, iNews.id - Puluhan mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menggelar aksi unjuk rasa di depan kampus, Senin (7/6/2021). Aksi demo sebagai bentuk keprihatinan terhadap tes wawasan kebangsaan (TWK) yang dituding sebagai bentuk pelemahan terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Dalam aksinya, para mahasiswa membawa keranda dan melakukan tabur bunga sebagai bentuk matinya KPK. Para demonstran juga membentangkan sejumlah poster berisi tulisan bernada protes. 

Mahasiswa yang yang tergabung dalam Semarak 11 Maret Anti Korupsi, berorasi menyuarakan tuntutannya silih berganti. Salah satunya mengenai tes wawasan kebangsaan terhadap pegawai KPK. TWK dianggap sebagai bentuk pelemahan terhadap KPK. 

Para mahasiswa juga menyoroti permasalahan korupsi di tanah air, seperti Harun Masiku yang belum tertangkap serta beberapa kasus kakap lainnya. 

“Aksi sebagai bentuk keprihatinan bahwa KPK saat ini tidak baik baik saja,” kata Hany Virzahfahni, humas aksi mahasiswa.

Tes wawasan kebangsaan dinilai sebagai upaya menyingkirkan pegawai KPK yang berprestasi. Mahasiswa juga menganggap pimpinan KPK saat ini gagal menjalankan tugasnya. 

Editor : Ary Wahyu Wibowo