Angin Puting Beliung Terjang Tegal dan Brebes, Ratusan Rumah Rusak Berat

Yunibar ยท Senin, 21 Oktober 2019 - 23:30 WIB
Angin Puting Beliung Terjang Tegal dan Brebes, Ratusan Rumah Rusak Berat
Petugas BPBD Kabupaten Tegal melihat kondisi rumah warga yang rusak berat disapu angin puting beliung di Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, Senin (21/10/2019). (Foto: iNews.id/Yunibar)

SLAWI, iNews.id - Bencana angin puting beliung menerjang lima desa di lereng Gunung Slamet Kabupaten Tegal dan Brebes, Jawa Tengah, Senin (21/10/2019). Bencana itu mengakibatkan ratusan rumah warga rusak berat dan ringan.

Berdasarkan data yang dihimpun Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tegal, ratusan rumah warga di Desa Sigedong, Batumirah, dan Guci, Kecamatan Bumijawa, rusak akibat disapu angin puting beliung. Dari jumlah tersebut, 32 rumah di antaranya rusak berat.

Sebagian besar rumah warga yang berada di lereng Gunung Slamet ini menggunakan atap seng dan baja ringan, sehingga rawan roboh saat terjadi angin kencang.

Beruntung tidak ada korban jiwa saat terjadinya angin kencang. Puluhan personel gabungan dari TNI/Polri, tim SAR dan relawan PMI bergotong-royong membantu warga memperbaiki rumah yang rusak.

Relawan BPBD Kabupaten Tegal, Agus Khilmi mengatakan, pada musim pancaroba seperti sekarang ini  terjangan angin kencang diprediksi masih akan terjadi hingga dimulainya musim hujan November mendatang.

“Kami (BPBD) mengimbau warga untuk mewaspadai terjadinya angin kencang yang bisa muncul sewaktu-waktu dan segera keluar rumah untuk menyelamatkan diri,” katanya.

Bencana puting beliung juga terjadi di dua desa di lereng Gunung Slamet Kabupaten Brebes, yakni Desa Dawuhan dan Batursari, Kecamatan Sirampog. Bencana itu mengnakibatkan 61 rumah warga rusak sedang dan sembilan rumah rusak berat. Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam kejadian itu.


Editor : Kastolani Marzuki