Antisipasi Cuaca Ekstrem, Polres Semarang Petakan Daerah Rawan Bencana

Angga Rosa · Selasa, 18 Januari 2022 - 11:18:00 WIB
Antisipasi Cuaca Ekstrem, Polres Semarang Petakan Daerah Rawan Bencana
Sejumlah personel TNI, Polri dan BPBD Kabupaten Semarang saat melakukan penanganan pohon tumbang akibat diterjang angin kencang di daerah Tengaran, Senin (17/1/2022). Foto: Ist.

SEMARANG, iNews.id - Kapolres Semarang AKBP Yovan Fatika menginstruksikan jajarannya untuk memetakan daerah rawan bencana. Ini untuk mengantisipasi dan memudahkan penanganan jika sewaktu-waktu terjadi bencana alam.

"Kami instruksikan kepada seluruh Kapolsek jajaran, petakan kembali wilayahnya yang rawan terjadi bencana dan melakukan antisipasi sejak dini. Kalau perlu pohon yang sekiranya membahayakan untuk koordinasikan dengan pihak terkait agar dipotong," kata Yovan Fatika, Selasa (18/1/2022).

Kapolres juga memerintahkan kepada anggota di lapangan, jika terjadi bencana segera bertindak dan berkoordinasi dengan instansi terkait TNI, BPBD, kecamatan dan warga setempat. Dengan demikian, penanganan bisa dilakukan secara cepat dan tepat.

Kapolres mengungkapkan, hujan deras disertai angin kencang yang mengguyur sebagian wilayah Kabupaten Semarang pada Senin (17/01/2022) mengakibatkan beberapa daerah mengalami bencana alam.  

Berdasarkan laporan, terdapat sejumlah rumah di empat wilayah kecamatan yang rusak akibat angin kencang. 

"Kejadian bencana alam ini menimpa beberapa wilayah di antaranya Ungaran Barat, Ungaran Timur, Tengaran dan Jambu. Berdasarkan laporan tidak ada korban jiwa, namun sebagian besar mengalami kerugian materiil yang ditaksir mencapai ratusan juta rupiah," ucapnya. 

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Bagikan Artikel: