Antisipasi Dampak Siklon Tropis Seroja, Warga Kebumen Gelar Simulasi

Ahmad Antoni ยท Senin, 12 April 2021 - 10:11:00 WIB
Antisipasi Dampak Siklon Tropis Seroja, Warga Kebumen Gelar Simulasi
Gubernur Ganjar Pranowo saat meninjau Simulasi Siklon Tropis Seroja dan Odette BPBD Kabupaten Kebumen, Minggu (11/4/2021). (Istimewa)

KEBUMEN, iNews.id - Warga Desa Jladri Kecamatan Buayan Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, panik seteleh wilayahnya dihantam tiga bencana alam dalam waktu tak selang lama. Mereka bergegas bergotong-royong menyelamatkan diri menuju tempat pengungsian.

Pagi hari, saat warga sedang menjalankan aktivitasnya bertani, tiba-tiba tebing di dekat area pemukiman longsor dan mengancam warga yang berada di bawahnya. Warga yang mengetahui kejadian itu kemudian menginformasikan yang lain untuk segera mengungsi, karena dikhawatirkan terjadi longsor susulan.

Belum reda kepanikan, di lokasi lain terjadi banjir bandang karena sungai yang melintas desa tak mampu membendung arus air. Sejumlah warga yang sedang menambang pasir secara tradisional kalang kabut menyelamatkan diri ke lokasi yang lebih aman.

Suara kentongan memberikan peringatan untuk segera menuju ke pengungsian melalui jalur evakuasi. Warga saling memberikan pertolongan bagi yang lain terutama lansia dan anak-anak dari ancaman bencana tersebut.

Tak sampai di situ, satu jam kemudian angin puting beliung memporak-porandakan sudut desa yang berdekatan di area persawahan. Beberapa rumah roboh dan mengakibatkan korban luka-luka.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: