Antisipasi Korona, 2 Bus Rombongan dari Bali Dicegat Petugas

Eddie Prayitno ยท Kamis, 19 Maret 2020 - 14:46 WIB
Antisipasi Korona, 2 Bus Rombongan dari Bali Dicegat Petugas
Petugas Dinas Kesehatan Batang menghentikan rombongan bus wisata dari Bali, Kamis (19/3/2020). (Foto: iNews/Eddie Prayitno)

KENDAL, iNews.id - Antisipasi merebaknya virus korona jenis baru (Covid-19) ke Kabupaten Batang, Jawa Tengah (Jateng) ratusan penumpangan bus tur dari Bali terpaksa dihentikan pada Kamis (19/3/2020). Para penumpang diminta turun untuk diperiksa suhu tubuh dan kondisi kesehatannya.

Petugas gabungan dari Dinas Kesehatan melibatkan tenaga medis Puskesmas Gringsing 1 dan TNI/Polri menghentikan perjalanan pulang rombongan bus setelah berwisata ke Bali di perbatasan Kendal dan Batang. Petugas medis dengan alat pelindung diri memeriksa satu persatu penumpang maupun kru bus. Pemeriksaan mulai dari pemberian masker, cairan pembersih tangan hingga pengukur suhu panas tubuh.

Kepala Bidang Pelayanan dan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Batang Zunuron mengatakan petugas terpaksa menghentikan bus rombongan wisata dari koperasi tersebut sebagai antisipasi awal. Menurutnya, Bali termasuk tempat yang banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai negara.

"Pemeriksaan mulai dari suhu tubuh apakah peserta ini panas atau tidak. Kriteria tidak normal itu sekitar 38 derajat celcius," ucapnya.

Zunuron menuturkan terdapat penumpang dengan suhu tubuh mencapai 37,5 derajat. Tercatat terdapat tiga anak di rombongan yang berjumlah 106 tersebut. Mereka melakukan perjalanan sejak tanggal 14 Maret sebelum informasi larangan bepergian.


Editor : Nani Suherni