Was-Was Terpapar Korona? Rumah Sakit Jiwa Semarang Berikan Cek Gratis

Kuntadi ยท Kamis, 19 Maret 2020 - 12:11 WIB
Was-Was Terpapar Korona? Rumah Sakit Jiwa Semarang Berikan Cek Gratis
Pengumuman RSJD SDr Amino Gondohutomo Semarang

SEMARANG, iNews.id - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo telah memerintahkan sejumalah rumah sakit memberikan layanan pemeriksaan untuk mengecek kesehatan. Hal ini berkaitan dengan pemeriksaan untuk mencegah penyebaran virus korona jenis baru (Covid-19).

Salah satu rumah sakit yang sudah mengumumkan langsung tes kesehatan tersebut yakni Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) Dr Amino Gondohutomo Semarang. Dalam akun media sosial resminya, rumah sakit membuka posko kesehatan dengan layanan gratis.

Layana ini dibuka dari dari Senin sampai Kamis pada pukul 09.00-12.00 WIB. Sementara untuk hari Jumat buka pukul 09.00-11.00 WIB.

Bagi pasien yang ingin memeriksakan diri harus memiliki indikasi sebagai berikut:

1. Demam
2. Batuk, pilek, sakit tengorokan, sesak napas
3. Kontak dengan orang terkonfirmasi Covid-19
4. Pulang dari wilayah terjangkit

Rumah sakit juga menegaskan pemeriksaan ini dilakukan dengan metode thermalscanner. Kemudian untuk pemeriksaan skrining bukan untuk menentukan terbukti atau tidak pasien positif Covid-19 oleh dokter di hari yang sama.

"Pemeriksaan ini berupa skrining awal indikasi korona, bukan untuk menentukan terbukti/tidaknya pasien positif korona," tulisnya dikutip akun resmi rumah sakit, Kamis (18/3/2020).

Hingga saat ini, di Provinsi Jateng terdapat sebanyak 1.005 orang dalam pemantauan (ODP), 68 pasien dalam pemantauan (PDP), 24 orang di antaranya telah pulang dalam kondisi sehat, sedangkan yang positif sebanyak sembilan orang, enam di antaranya dirawat intensif dan tiga orang meninggal dunia.


Editor : Nani Suherni