Antisipasi Lonjakan Pasien Covid-19, Puskesmas di Pekalongan Jadi Rumah Sakit Darurat

Suryono Sukarno, Ahmad Antoni ยท Rabu, 23 Juni 2021 - 12:56:00 WIB
Antisipasi Lonjakan Pasien Covid-19, Puskesmas di Pekalongan Jadi Rumah Sakit Darurat
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat mengecek rumah sakit darurat Covid-19 Wonokerto 2, Rabu (23/6/2021). (foto: Istimewa)

PEKALONGAN, iNews.id – Sejumlah daerah di Jawa Tengah melakukan beragam upaya dalam penanganan pasien Covid-19. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pekalongan.

Pemkab Pekalongan melakukan optimalisasi Puskesmas menjadi rumah sakit darurat untuk menampung pasien-pasien Covid-19. Salah satu Puskesmas yang dijadikan rumah sakit darurat adalah Puskesmas Wonokerto 2. Di tempat itu, saat ini ada 21 pasien Covid-19 yang dirawat.

"Ini cara bagus ya, dulu Puskesmas kemudian ditingkatkan jadi rumah sakit darurat Covid-19. Pak Bupati turun langsung, ada dokternya, ada tim kesehatannya dan sekarang dipakai untuk merawat pasien. Tempatnya jauh dari pemukiman, gedungnya juga bagus. Maka saya sengaja ke sini agar daerah lain terinspirasi," kata Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat mengecek rumah sakit darurat Covid-19 Wonokerto 2, Rabu (23/6/2021).

Dia mengatakan, peningkatan Puskesmas jadi rumah sakit darurat Covid-19 adalah solusi untuk mengatasi lonjakan pasien di rumah sakit seperti saat ini. Ketika rumah sakit kewalahan menampung pasien, maka optimalisasi Puskesmas bisa dilakukan.

"Kalau rumah sakit kewalahan, sebenarnya Puskesmas yang bagus seperti ini dan ada rawat inapnya bisa dipakai. Ini kan fasilitas kesehatan yang paling dekat dengan rakyat, maka levelnya yang sentuhan pertama. Maka saya minta ini bisa dimanfaatkan, agar rumah sakit lebih leluasa," katanya.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: