Apel Dansat Jajaran TNI AD di Akmil, KSAD: Pemimpin Itu Bukan Hanya Status

Ahmad Antoni ยท Kamis, 23 Juni 2022 - 19:02:00 WIB
Apel Dansat Jajaran TNI AD di Akmil, KSAD: Pemimpin Itu Bukan Hanya Status
Foto udara KSAD Jenderal Dudung Abdurachman bersama para Dansat dalam Apel Komandan Satuan jajaran TNI Angkatan Darat di Mako Akademi Militer, Magelang, Kamis (23/6/2022). (Dok Penam IV/Diponegoro)

MAGELANG, iNews.id -  Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman memimpin Apel Komandan Satuan jajaran TNI Angkatan Darat TA 2022 di Mako Akademi Militer (Akmil), Magelang, Kamis (23/6/2022). KSAD didampingi Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Widi Prasetijono.

Kegiatan Apel Komandan Satuan (Dansat) ini bertujuan untuk menyamakan pola pikir antara pimpinan dengan anggota guna meningkatkan efektivitas dan produktivitas kinerja satuan serta peningkatan profesionalisme prajurit dalam rangka mendukung tugas pokok TNI AD.

KSAD menegasakan bahwa semua jabatan adalah anugerah dari Tuhan YME yang senantiasa menjadi misteri, tidak ada satupun manusia yang mengetahui apa yang akan terjadi. 

“Pemimpin itu bukan hanya status, tetapi merupakan amanah dari Tuhan YME yang dilengkapi dengan pengikut melainkan bukan bawahan. Mendapat amanah jabatan juga bukan harus merubah sikap ataupun gaya hidup, melainkan sebagai seorang pemimpin harus mempunyai karakter, moral maupun beretika yang baik,” kata Jenderal Dudung.

Berkaitan dengan perkembangan zaman yang semakin maju, dia menekankan kepada jajarannya agar berani melakukan perubahan doktrin. Seluruh prajurit agar dapat menguasai teknologi, sebab cara bertempur saat ini sudah jauh berbeda yaitu lebih mengedepankan kecanggihan teknologi.

Selanjutnya perubahan generasi yang semakin ketergantungan terhadap dunia maya juga berdampak pada para prajurit TNI. Salah satunya adalah menurunkan militansi keprajuritan. Maka pendekatan kepada anggota seperti melalui Jam Komandan (Jamdan) harus sering dilakukan. Termasuk dalam hal perekrutan TNI yang harus dilaksanakan secara ketat.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: