Awal September, Wilayah Jateng Bagian Selatan Mulai Memasuki Musim Hujan

Antara ยท Rabu, 07 September 2022 - 13:23:00 WIB
Awal September, Wilayah Jateng Bagian Selatan Mulai Memasuki Musim Hujan
Peta prakiraan awal musim hujan 2022-2023 di wilayah Provinsi Jawa Tengah. Foto: ANTARA.

CILACAP, iNews.id - Sebagian wilayah Jawa Tengah bagian selatan telah memasuki musim hujan pada dasarian pertama September 2022. Hal itu menurut peta prakiraan awal musim hujan yang dirilis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap, Teguh Wardoyo mengatakan, wilayah Jawa Tengah bagian selatan yang memasuki musim hujan pada dasarian pertama September 2022 meliputi sebagian wilayah barat Kabupaten Cilacap dan sebagian kecil wilayah utara Banyumas.

Daerah yang diprakirakan memasuki musim hujan pada dasarian pertama September 2022, yakni Dayeuhluhur dan Wanareja di Kabupaten Cilacap serta Baturraden di Kabupaten Banyumas.

Teguh menjelaskan, di wilayah Kabupaten Cilacap dan Banyumas secara umum musim hujan diprakirakan bermula pada dasarian ketiga September 2022. Hanya ada beberapa daerah yang diprakirakan memasuki musim hujan pada Oktober 2022.

Daerah yang diprakirakan memasuki musim hujan pada dasarian pertama Oktober 2022 di antaranya Kecamatan Karangpucung dan Nusawungu di Kabupaten Cilacap serta Kecamatan Gumelar, Lumbir, dan Tambak di Kabupaten Banyumas.

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsJateng di Google News

Bagikan Artikel: