Awalnya Mengaku Petani, Pasien Covid-19 Pertama di Rembang Pernah ke Jakarta Jadi Sopir

Musyafa ยท Senin, 25 Mei 2020 - 09:44:00 WIB
Awalnya Mengaku Petani, Pasien Covid-19 Pertama di Rembang Pernah ke Jakarta Jadi Sopir
ilustrasi kamar tempat pasien positif Covid-19. (Foto: Istimewa)

REMBANG iNews.id – Seorang pasien yang menjalani perawatan di ruang isolasi RSUD dr R Soetrasno Rembang, Jawa Tengah (Jateng) dinyatakan positif virus corona (Covid-19) tepat pada perayaan Idul Fitri, Minggu (24 Mei 2020). Sebelumnya, pasien mengaku berprofesi sebagai petani, tetapi dia akhirnya mengaku sempat menjadi sopir ke Jakarta.

Pasien berusia 56 tahun ini berasal dari sebuah desa di Kecamatan Kaliori, Kabupaten Rembang. Dia semula mengalami demam, disertai batuk dan sesak nafas sejak tanggal 14 Mei 2020. Sempat memeriksakan diri di Puskesmas Kaliori, setelah itu dirujuk ke RSUD dr R Soetrasno. Pada tanggal 21 Mei 2020, yang bersangkutan dirawat intensif di ruang isolasi.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang, Ali Syofii menjelaskan pasien sudah dites swab. Hasilnya turun pada Minggu pagi (24/5/2020), dinyatakan positif Covid-19.

“Ya benar mas. Minggu tadi pagi, pemeriksaan laboratorium swab nya keluar dan hasilnya positif Covid-19. Kita fokus pada penelusuran siapa saja yang pernah kontak dengan pasien," kata Ali.

Ali pun memastikan langsung melakukan tracing terhadap sejumlah orang yang ditemui pasien. Sementara itu, Kepala Seksi Informasi RSUD dr R Soetrasno Rembang, Tabah Tohamik menyatakan pasien mendapatkan oksigen, infus dan terapi obat.

“Dengan penanganan ini, kita do’akan muda-mudahan kondisi pasien lekas stabil, “ ucap Tabah.

Tabah menambahkan hingga Minggu sore, terdapat 5 orang pasien. 1 positif, 4 orang lainnya berstatus pasien dalam pengawasan (PDP).

Sebelumnya, wilayah Kabupaten Rembang dinyatakan bebas dari pasien positif Covid-19 sejak tanggal 02 Mei 2020. Selama 22 hari berjalan, kini muncul lagi 1 pasien positif corona.

Editor : Nani Suherni