Ayo Semangat, Antar Lansia Vaksinasi Covid-19 di Solo Dapat Reward Ikut Divaksin

Ary Wahyu Wibowo ยท Jumat, 04 Juni 2021 - 18:04:00 WIB
Ayo Semangat, Antar Lansia Vaksinasi Covid-19 di Solo Dapat Reward Ikut Divaksin
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan Kepala Dinas Kesehatan Solo Siti Wahyuningsih saat memberi keterangan pers terkait percepatan vaksinasi Covid-19, Jumat (4/6/2021). Foto: Ist.

SOLO, iNews.id – Cakupan sasaran vaksinasi Covid-19 di Kota Solo diperluas. Pemkot setempat memberi bonus ikut divaksin bagi pengantar lansia ke lokasi vaksinasi. 

"Kami punya dua skenario percepatan. Pertama dengan memberikan reward kepada pengantar lansia. Siapa yang mengantarkan dua lansia, pengantarnya kami beri vaksin," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Solo Siti Wahyuningsih, Jumat (4/6/2021).

Kebijakan baru yang diterapkan, diharapkan mampu mengakselerasi capaian vaksinasi bagi lansia. Pengantar lansia, bisa berlatar belakang keluarga, saudara, kader kesehatan atau siapapun. 

Dengan catatan, pengantar tersebut memiliki KTP Solo. Sebab Pemkot Solo ingin menciptakan kekebalan komunitas bagi warga dan pelaku usaha yang ada di Kota Solo. Syarat lainnya adalah pengantar harus berusia 18-49 tahun. 

"Kenapa umurnya dibatasi 49 tahun?, Karena nanti warga yang berusia 50-60 tahun kami ikutkan program vaksinasi yang lain, sehingga bisa lebih cepat," kata Siti.

Sedangkan skenario percepatan kedua adalah prioritas pemberian vaksinasi bagi warga pra lansia yang berusia 50-60 tahun. Namun untuk kelompok pra lansia ini, tidak berlaku bonus bagi pengantarnya. 

Berdasarkan data, hingga 3 Juni 2021 vaksinasi bagi lansia telah menyasar 42.149 orang. Adapun total sasaran vaksinasi adalah 49.983 orang atau setara 84,33 persen. 

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Halaman : 1 2