Bahasa Daerah Jawa Tengah Lengkap Penjelasannya, Tak Hanya Ngapak

Tim iNews ยท Senin, 05 September 2022 - 13:02:00 WIB
Bahasa Daerah Jawa Tengah Lengkap Penjelasannya, Tak Hanya Ngapak
Aksara Jawa (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id -  Bahasa daerah Jawa Tengah beserta penjelasannya bisa menjadi rekomendasi bagi Anda yang ingin menguasai bahasa daerah di wilayah tersebut. Selama ini, bahasa Jawa Tengah selalu identik dengan jawa halus dengan ngakap.

Suku Jawa yang menempati daerah Jawa Tengah biasanya mereka kerap berbahasa jawa dalam kesehariannya.  Tak jarang kadang pendatang di luar Jawa Tengah ikut mahir karena terbiasa mendengar percakapan bahasa Jawa.

Dilansir dari portal resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dijelaskan bahwa bahasa Jawa erat kaitannya dengan aksara. Sama dengan bahasa Arab yang memiliki aksara sendiri, bahasa Jawa pun demikian. Aksara atau huruf ini bisa disebut dengan 'Honocoroko'.

Di Jawa Tengah pun bahasa Jawa banyak macamnya. Biasanya yang paling membedakan terdengar dari dialeknya.

Pada dasarnya dialek bahasa jawa terbagi atas dua klasifikasi yakni dialek daerah dan dialek sosial. Dialek daerah didasarkan pada wilayah, karakter dan budaya setempat. Sebaliknya, dialek sosial didasarkan pada status sosial pemakainya.

Dalam buku A Critical Survey of Studies on the Languages of Java and Madura karya E.M. Uhlenbeck disebutkan dialeknya, bahasa Jawa dibedakan sebagai berikut.

1.  Kelompok bahasa Jawa bagian barat

Bahasa Daerah Jawa Tengah yang ini biasanya meliputi dialek Banten, dialek Indramayu-Cirebon, dialek Tegal, dialek Banyumasan, dan dialek Bumiayu (peralihan Tegal dan Banyumas). Kelompok ini sering disebut bahasa Jawa ngapak-ngapak.

Editor : Nani Suherni

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsJateng di Google News

Bagikan Artikel: