Banjir di Banyumas Rendam Ratusan Rumah Setinggi 1 Meter, Warga Mengungsi

Saladin Ayyubi ยท Kamis, 29 Oktober 2020 - 17:01:00 WIB
Banjir di Banyumas Rendam Ratusan Rumah Setinggi 1 Meter, Warga Mengungsi
Sejumlah anak bermain air saat banjir melanda wilayah Kemranjen, Banyumas, Jateng, Kamis (29/10/2020). (Foto: iNews/Saladin Ayyubi)

BANYUMAS, iNews.idBanjir setinggi satu meter merendam ratusan rumah di wilayah Kemranjen dan Sumpyuh, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Kamis (29/10/2020). Banjir terjadi setelah wilayah itu diguyur hujan lebat semalaman sejak Rabu (28/10/2020) malam.

Akibat banjir tersebut, sebagian warga terpaksa diungsikan ke tempat aman. Dari data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyumas, banjir di antaranya merendam Desa Kedungpring, Kecila, dan Sirau.

Bupati Banyumas, Ahmad Husein mengatakan, banjir terjadi selain akibat hujan lebat semalaman juga meluapnya sejumlah sungai.

“Relawan kebencanaan bersama warga dan Tagana saat ini dengan melakukan upaya penutupan air yang meluap dari sungai,” katanya.

Bupati berjanji akan memberikan bantuan secepatnya kepada pengungsi dan warga lainnya yang terkena banjir. "Kita akan penuhi semua kebutuhan pengungsi seperti sembako, karena air masih menggenangi wilayah rumah warga di Kemranjen ini," ujarnya.

Selain Kemranjen, banjir juga melanda wilayah Sumpyuh yang selama ini rutin dilanda banjir saat musim hujan tiba. Pemerintah berharap agar warga selalu waspada saat musim hujan karena bisa terjadi banjir sewaktu-waktu.


Editor : Kastolani Marzuki