Banyak Peminat saat Dilelang, Ketela Raksasa Milik Warga Rembang Ini Laku Jutaan Rupiah

Musyafa ยท Jumat, 14 Januari 2022 - 14:23:00 WIB
Banyak Peminat saat Dilelang, Ketela Raksasa Milik Warga Rembang Ini Laku Jutaan Rupiah
Kepala Dintanpan Kabupaten Rembang, Agus Iwan Haswanto bersalaman dengan pemenang lelang ketela raksasa, Jumat (14/1/2022). Foto: iNews/Musyafa Musa.

REMBANG, iNews.id Ketela atau singkong berukuran  raksasa milik Slamet (58) warga Desa Waru, Kabupaten Rembang dibeli Dinas Pertanian dan Pangan (Dintanpan)  setempat. Ketela selanjutnya dilelang yang hasilnya untuk kegiatan sosial. 

Ketela jumbo sepanjang 2,6 meter ini, dipamerkan dalam kegiatan Pasar Tani Masyarakat Rembang (Pasti Marem) di halaman Kantor Dintanpan Jumat (14/1/2022).

Kepala Dintanpan Kabupaten Rembang, Agus Iwan Haswanto mengatakan, pihaknya mengetahui adanya ketela tersebut dari pemberitaan media massa. Setelah ditelusuri dan ketemu dengan pemilik ketela, pihaknya menyampaikan agar ketela dibeli untuk dipamerkan dalam kegiatan Pasar Tani.

“Kita ketemu dengan pemilik ketela, coba kami tawar untuk dijadikan salah satu materi yang dipamerkan di Pasar Tani. Alhamdulillah sepakat dan menerima,“ kata Agus Iwan Haswanto. 

Dikatakannya, ukuran ketela dengan panjang 2,6 meter termasuk luar biasa. Berdasarkan analisis pihak Dintanpan, usia ketela yang lama menjadikannya berukuran besar dan panjang. “Jadi akarnya menyimpan makanan dalam waktu cukup lama, sehingga ukuran ketela yang dihasilkan fantastis,” katanya.  

Ketela super jumbo yang ditemukan di Desa Waru, Kabupaten Rembang dengan Panjang sekitar 2,6 meter. Foto: iNews/Musyafa Musa.
Ketela super jumbo yang ditemukan di Desa Waru, Kabupaten Rembang dengan Panjang sekitar 2,6 meter. Foto: iNews/Musyafa Musa.

Ketela jumbo ini selanjutnya dilelang di Pasar Tani Masyarakat Rembang. Uang hasil lelang ketela akan digunakan untuk kegiatan sosial. “Hasilnya nanti dipakai untuk kegiatan sosial atau disumbangkan kepada yang membutuhkan. Tadi saat dipamerkan, banyak sekali yang tertarik dan berfoto di dekat ketela,” ucapnya. 

Setelah proses lelang selesai, ketela laku Rp2,1 juta Ketela jatuh ke tangan Subiyanto, seorang petani tebu dan pengusaha tambak dari Kecamatan Kaliori. 

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Bagikan Artikel: