Keren, Warga Binaan Rutan Rembang Buat Kerajinan dari Kayu Limbah

Musyafa · Senin, 10 Januari 2022 - 15:55:00 WIB
Keren, Warga Binaan Rutan Rembang Buat Kerajinan dari Kayu Limbah
Kepala Rutan Rembang, Supriyanto menunjukkan beragam mebelair dan barang kerajinan karya warga binaan. Foto: iNews/Musyafa Musa.

REMBANG, iNews.id – Beragam cara dilakukan para warga binaan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Rembang untuk mengusir rasa bosan. Salah satunya dengan membuat kerajinan, mulai dari meja, kursi hingga miniatur kapal-kapalan.

Seorang warga binaan Rutan Rembang, Purwo Puji Hartoni mengaku bersama sejumlah rekannya baru saja selesai membuat seperangkat meja kursi untuk rapat. “Dikerjakan sekitar empat orang, paling lima hari. Kalau bakat nukang, saya sebelumnya sudah punya,” ujar Purwo Puji, Senin (10/1/2022).

Purwo mengaku aktivitasnya di dalam ruang pertukangan, berlangsung dari jam 09.00 WIB sampai dengan 12.00 WIB. Setelah istirahat, kemudian dilanjutkan hingga pukul 14.30 WIB. Dengan membuat mebelair, membuatnya tidak jenuh di dalam sel. “Biar nggak ngalamun, tidak bosan,” ucapnya. 

Kepala Rutan Rembang, Supriyanto mengungkapkan, pembuatan mebelair umumnya memanfaatkan kayu-kayu limbah. Karya warga binaan rencananya akan dipasarkan. Sebab hasilnya bagus dan memiliki kualitas yang tidak kalah dengan buatan tukang profesional.

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: