Baru Beberapa Hari Bebas, 3 Remaja Kembali Ditangkap karena Mencuri Motor

Suryono Sukarno ยท Minggu, 22 Desember 2019 - 14:35 WIB
Baru Beberapa Hari Bebas, 3 Remaja Kembali Ditangkap karena Mencuri Motor
Polisi meminta keterangan para pelaku pencuri motor di Pemalang dan korbannya. (Foto: iNews/Suryono).

PEMALANG, iNews.id - Polisi menangkap tiga remaja di Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah (Jateng) karena diduga mencuri motor milik warga yang tersimpan di dalam garasi. Para pelaku baru beberapa hari bebas setelah ditahan lantaran kedapatan mencuri gitar listrik.

Kasat Reskrim Polres Pemalang, AKP Suhadi mengatakan, tiga remaja tersebut masing-masing berinisial ZM (16), ZAS (16) dan AP (18). Mereka ditetapkan lagi sebagai tersangka pencurian motor warga di wilayah Karangmoncol.

"Pencurian ini terjadi pada 3 September lalu. Setelah petugas menyelidiki kasusnya, ternyata pelaku mengarah pada ketiga remaja ini," kata Suhadi saat dikonfirmasi, Minggu (22/12/2019).

Korban atas nama Ulfiyatun (45), warga Desa Karangmoncol, Kecamatan Radudongkal sebelumnya melapor ke polisi atas kasus pencurian motor. Dia menyimpang motor di dalam garasi rumah yang terkunci pada malam hari.

Namun pagi harinya, dia tidak menemukan kendaraanya itu. Padahal, motor tersebut berada di dalam garasi. Selain motor, STNK milik korban juga raib, karena tersimpan di dalam jok motor.

Selang satu bulan kemudian, polisi menangkap tiga remaja yang kedapatan mencuri gitar listrik di sebuah cafe. Setelah menjalani masa hukuman selama dua bulan, mereka pun dibebaskan.

"Namun mereka diamankan kembali atas tuduhan mencuri motor korban Ulfiyatun," ujar dia.

Sebab, dari hasil pengembangan dan penyelidikan polisi, mereka sudah lebih dulu mencuri motor korban sebelum mencuri gitar. Akhirnya, ketiga pelaku pun ditangkap dan harus kembali menjalani proses hukum atas perbuatannya itu.

"Atas perbuatannya, ketiga tersangka dijerat pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman kurungan maksimal tujuh tahun penjara," katanya.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal