Batalyon 22 Grup 2 Kopassus Gelar Pekan Juang'45 Manggala Yudha, Ada Olahraga Militer

Antara ยท Sabtu, 13 Agustus 2022 - 20:54:00 WIB
Batalyon 22 Grup 2 Kopassus Gelar Pekan Juang'45 Manggala Yudha, Ada Olahraga Militer
Batalyon 22 Grup 2 Kopassus cukup unik menggelar acara Pekan Juang'45 Manggala Yudha dalam rangka menyambut HUT Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia. (Foto: Antara).

SUKOHARJO, iNews.id - Batalyon 22 Grup 2 Kopassus TNI Angkatan Darat (AD) cukup unik menggelar acara Pekan Juang'45 Manggala Yudha, yakni olahraga militer bertajuk Manggala ‘45 Warrior. Kegiatan tersebut digelar dalam rangka menyambut HUT Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia di Markas Grup 2 Kopassus Kandang Menjangan Sukoharjo, Sabtu (13/8/2022).

Komandan Batalyon 22 Grup 2 Kopassus Mayor Inf. Abraham Pandjaitan mengatakan, acara Pekan Juang’45 Manggala Yudha terbagi tiga kegiatan. Dia mengungkapkan, tiga kegiatan itu lomba olahraga militer bertajuk Manggala ‘45 Warrior, peresmian Mushola dan Kebun Batalyon untuk ketahanan pangan serta family gathering.

Selain itu, kata dia kegiatan juga menginisiasi lomba-lomba 17 Agustus dan kemasyarakatan di desa binaan sekitar kompleks batalyon untuk memperingati HUT Ke-77 Kemerdekaan RI.

Dia menuturkan, tiga tema HUT Kemerdekaan RI yang diusung dan ditekankan dalam kegiatan Pekan Juang ‘45 Manggala Yudha. Pertama, lanjut dia untuk mengingat nilai-nilai perjuangan dan keteladanan para pahlawan serta pejuang Kemerdekaan RI yang telah mendahului. 

Hal ini, kata dia disimbolkan melalui kegiatan olahraga militer Manggala ‘45 Warrior yang juga sekaligus sebagai kegiatan keakraban keluarga prajurit Manggala Yudha.

Menurutnya, pada kegiatan tersebut diisi dengan lomba-lomba olahraga militer seperti latihan fisik dan menembak yang diikuti para personel Batalyon 22 dan peserta satuan TNI lain dengan konsep pada akhir lomba setiap peserta telah ditunggui para keluarganya yang menanti di garis finis.

"Hal ini, selain melatih prajurit Batalyon 22 Grup 2 Kopassus semakin prima dalam tugas, juga kami dapat mengingat kembali pengorbanan para pahlawan yang diberikan baik tenaga maupun materi, tentunya pada saat itu, sehingga kita bisa hidup dalam kemerdekaan hingga sekarang," ucapnya.

Dia menjelaskan, tema kedua peran ibu-ibu dari keluarga Batalyon 22 Manggala Yudha yang disimbolkan dengan adanya lomba memasak dan dapur umum, untuk meneladani peranan wanita yang pada masa perang Kemerdekaan RI dahulu yang aktif mendukung perjuangan.

Editor : Kurnia Illahi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: