Batu Besar Seukuran Mobil di Gunungkidul Longsor Menutup Jalan

Kuntadi ยท Jumat, 21 Februari 2020 - 18:45 WIB
Batu Besar Seukuran Mobil di Gunungkidul Longsor Menutup Jalan
Longsoran batu di Desa Watugajah Kecamatan Gedangsari, longsor pada Jumat (21/2/2020). (Foto: iNews/Kuntadi)

GUNUNGKIDUL, iNews.id – Hujan deras yang mengguyur wilayah Gunungkidul, Yogyakarta beberapa hari ini menyebabkan musibah longsor. Sebuah batu berukuran besar di bukit di Desa Watugajah Kecamatan Gedangsari, longsor pada Jumat (21/2/2020).

"Semalam memang hujan sangat deras, dan menyebabkan batu yang cukup besar longsor dan menutup jalan," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul Eddy Basuki, Jumat (21/2/2020).

Batu berukuran besar sebesar mobil ini, diduga longsor pada padaa Jumat (21/2/2020) dini hari. Akibat longsoran batu besar itu, akses jalan kabupaten yang menghubungkan Watugajah dengan Tegalrejo tertutup dan tidak dapat dilalui kendaraan baik roda dua atau pun roda empat.

Untuk pengendara sepeda motor, diimbau memutar menggunakan jalan cor blok. Sementara untuk kendaraan roda empat harus putar balik mencari jalur lain.

"Jalur yang tertutup adalah jalur alternatif menuju ke Klaten," ucapnya.

BPBD Gunungkidul dengan warga langsung berupaya memecahkan longsoran batu. Upaya ini membutuhkan waktu lama karena dilakukan secara manual.

Musibah tanah longsor juga terjadi di Pedukuhan Ngloro, Desa Ngloro Kecamatan Saptosari. Hujan deras menyebabkan pagar rumah milik Suyitno ambrol karena tidak kuat menahan beban.

Sementara di Pedukuhan Keruk Desa Banjarejo Kecamatan Tanjungsari, hujan disertai angin kencang mengakibatkan pohon tumbang. Kandang dan dapur milik warga Rejo Lagiyo tertimpa.


Editor : Nani Suherni