Begini Cara Guru SLB di Batang Hilangkan Rasa Takut Siswanya saat Divaksin Covid-19

Antara ยท Jumat, 07 Januari 2022 - 17:24:00 WIB
Begini Cara Guru SLB di Batang Hilangkan Rasa Takut Siswanya saat Divaksin Covid-19
Seorang siswa berkebutuhan khusus di Batang menjalani vaksinasi Covid-19, Jumat (7/1/2022). Foto: ANTARA/Kutnadi.

BATANG, iNews.id - Para guru sekolah luar biasa (SLB) di Kabupaten Batang memiliki cara tersendiri saat mendampingi siswanya dalam kegiatan vaksinasi Covid-19. Para siswa berkebutuhan khusus diajak swafoto dan bercanda guna menghilangkan ketakutan saat disuntik vaksin.

Guru SLB Negeri Kabupaten Batang, Hikmat mengatakan pendampingan berfoto bersama dan candaan sebagai upaya memberikan ketenangan pada para disabilitas saat mereka melihat jarum suntik.

"Kami berikan candaan dan menghibur mereka dengan mengajak untuk berswafoto. Alhamdulillah, dengan cara itu, banyak mereka yang tidak menangis bahkan saat disuntik juga tidak terasa, sudah selesai," kata Hikmat, Jumat (7/2022). 

Menurut dia, pemberian vaksinasi pada anak-anak berkebutuhan khusus memang harus melalui pendekatan dan kesabaran karena saat mereka menunggu giliran vaksinasi diketahui ada yang berlarian, menangis, dan memberontak.

"Oleh karena itu, kami berusaha menenangkan hati mereka dengan memberikan candaan dan berswafoto agar mereka tidak takut disuntik," katanya.

Kepala SLBN Batang Sujarwo mengatakan, antusias orang tua dan siswa untuk mengikuti vaksinasi cukup tinggi dengan melihat daftar kehadiran yang mencapai 80 persen dari jumlah 115 siswa.

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: