Beli Kambing Kurban dengan Upal, Residivis Pencurian Hewan Ternak Ditangkap

Alip Sutarto ยท Selasa, 04 Agustus 2020 - 11:18 WIB
Beli Kambing Kurban dengan Upal, Residivis Pencurian Hewan Ternak Ditangkap
Ilustrasi (Foto: AFP)

JEPARA, iNews.id - Seorang residivis kasus pencurian hewan ternak di Jepara, Jawa Tengah (Jateng) ditangkap polisi. Kali ini dia ditangkap karena menggunakan uang palsu untuk membeli hewan kurban.

Ertaqia (47) warga Desa Bucu, Jepara, dilaporkan penjual kambing Ngadinah (70) warga Desa Damarwulan. Dia membeli hewan kurban dengan uang palsu (upal). Penangkapan pelaku ini dilakukan bersamaan operasi sikat jaran candi yang berlangsung sebelum hari raya Idul Adha.

Adapun sasaran pelaku merupakan peternak hewan yang telah lanjut usia, alasannya mereka tidak paham akan ciri-ciri uang palsu. Ironisnya, pelaku mengaku jika kambing tersebut akan digunakan untuk kurban.

"Iya itu uang palsu, tadinya buat beli kambing kurban," kata tersangka Ertaqia.

Dari hasil pengembangan polisi, pelaku ternyata residivis pencurian kambing ternak. Dia mencuri di saat pemilik hewan ternak sedang mencari rumput. Setiap kali beraksi, pelaku menggunakan mobil minibus sewaan untuk membawa kabur hewan ternak hasil curian.

"Jadi dia modusnya menungg peternak mengambil rumput dia ambil hewan kambingnya," Kata Kapolres Jepara, AKBP Nugroho Tri Nuryanto.

Guna mempertanggungjawabkan perbuatanya, Ertaqia harus meringkuk di Mapolres Jepara.


Editor : Nani Suherni