Berawal dari Kiriman Video, Ini Kronologi Ganjar Pranowo Ngamuk di Bandara Ahmad Yani

Taufik Budi ยท Rabu, 03 Juni 2020 - 07:40 WIB
Berawal dari Kiriman Video, Ini Kronologi Ganjar Pranowo Ngamuk di Bandara Ahmad Yani
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mendadak mengunjungi Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang, Selasa (2/6/2020). (Foto: Dok Humas Pemprov Jateng)

SEMARANG, iNews.id - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mendadak mengunjungi Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang, Selasa (2/6/2020). Aksi Ganjar ini rupanya berawal dari kiriman video dari warga soal kerumunan di bandara tersebut.

Ganjar meminta petugas bandara untuk ketat menerapkan protokol kesehatan. Semua tidak boleh meremehkan kondisi yang ada.

“Saya sengaja ke sini karena dapat kiriman video dari salah satu calon penumpang yang memperlihatkan kerumunan itu. Saya lihat ini bahaya, makanya langsung saya sidak hari ini,” kata Ganjar, Selasa (2/6/2020).

Pengelola bandara, lanjut Ganjar, harus melakukan evaluasi, agar tidak terjadi kerumunan di terminal keberangkatan saat pengecekan. Pembatasan calon penumpang harus dilakukan. Mereka yang tidak berkepentingan tidak boleh ikut masuk ke bandara.

“Penambahan kursi juga wajib, biar semua duduk dan tidak berkerumun. Kalau bisa ditegasi saja, semua harus duduk tidak boleh berlalu lalang, biar rapi dan tidak berdesakan,” katanya.

Petugas Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang yang mendampingi Ganjar, Agus Sima mengatakan, pihak bandara siap untuk melakukan evaluasi. Ke depan, penerapan protokol kesehatan akan dilakukan lebih ketat.

“Akan kami evaluasi agar lebih rapi dan sesuai protokol kesehatan yang ketat. Sebenarnya kami sudah membagi tiga zona antrean untuk mengakomodir maksimal tiga penerbangan. Tapi masih saja calon penumpang berkerumun,” kata Agus.

Dia menjelaskan, banyak calon penumpang yang sebenarnya jadwal penerbangan sore, namun sudah datang ke bandara pada pagi hari. Sehingga, saat pemeriksaan menjadi menumpuk.

“Nanti akan kami atur lagi lebih ketat, termasuk penambahan kursi di pintu masuk pengecekan calon penumpang,” ucapnya.


Editor : Nani Suherni