Berdalih Mencari Rombongan Klitih, Pemuda di Bantul Aniaya Remaja di Jalanan

Heru Trijoko ยท Rabu, 05 Februari 2020 - 16:20 WIB
Berdalih Mencari Rombongan Klitih, Pemuda di Bantul Aniaya Remaja di Jalanan
Kapolsek Umbulharjo Kompol Alaal Prasetyo (paling kanan). (Foto: iNews/Heru Trijoko)

YOGYAKARTA, iNews.id - Polsek Umbulharjo, Yogyakarta mengamankan seorang pemuda yang diduga menjadi pelaku klitih atau kejahatan jalanan terhadap rombongan pelajar pada Rabu (5/2/2020). Pelaku berdalih mengadang korban karena mencari kelompok klitih yang meresahkan warga.

Anggara (21) warga Banguntapan, Bantul harus berurusan dengan hukum lantaran diduga menganiaya rombongan pelajar di dekat SPBU Gambiran. Akibat perbuatannya, salah seorang korban Niskan (14), warga Sorosutan, Umbulharjo mengalami luka di wajah setelah dipukul berkali-kali oleh pelaku.

Kapolsek Umbulharjo Kompol Alaal Prasetyo menjelaskan aksi penganiayaan itu terjadi setelah rombongan korban dan pelaku terlibat aksi kejar-kejaran menggunakan sepeda motor.

"Korban dikejar pelaku dan temen temennya. Sampai di SPBU Gambiran, korban dihentikan oleh rombongan pelaku kemudian dianiaya. Pelaku meneriakkan korban itu pelaku klitih," katanya.

Dalam keterangannya, pelaku terus mengatakan tidak melakukan pejahatan jalanan. Dia justu mencari pelaku klitih di jalanan karena meresahkan warga.

"Pelaku bilang lagi nyari klitih padahal dia sendiri yang berbuat klitih," ujar Alaal Prasetyo.

Anggara merupakan residivis kasus yang sama pada tahun 2019 lalu. Saat menjalani pemeriksaan di kantor polisi, pelaku kedapatan dalam pengaruh minuman keras atau mabuk.

Selain mengamankan pelaku, polisi juga menyita barang bukti berupa satu unit sepeda motor KLX yang digunakan pelaku. Atas perbuatannya, pelaku dijerat pasal 351 dan 170 dengan ancaman hukuman maksimal tiga tahun penjara.


Editor : Nani Suherni