BI Solo Bantu Rekonstruksi Uang Samin Rp50 Juta yang Dimakan Rayap, Segini yang Bisa Diganti

Ary Wahyu Wibowo ยท Kamis, 15 September 2022 - 16:13:00 WIB
BI Solo Bantu Rekonstruksi Uang Samin Rp50 Juta yang Dimakan Rayap, Segini yang Bisa Diganti
Petugas BI Cabang Solo saat membantu Samin merekonstruksi uang puluhan juta rupiah yang rusak agar bisa ditukar dengan yang baru. Foto: Ist.

Pemesanan penukaran uang rupiah rusak atau uang rupiah cacat di BI dapat dilakukan dengan terlebih dahulu melakukan pemesanan penukaran melalui PINTAR (https://pintar.bi.go.id/). 

“Kami juga mengimbau masyarakat dapat menabung dan menyimpan uang rupiah di perbankan dan atau pada lembaga keuangan formal lainnya yang lebih aman, baik dari sisi risiko kerusakan fisik uang maupun dari risiko kehilangan uang,” ujarnya. 

Terhubungnya masyarakat ke perbankan dan lembaga keuangan lainnya, juga dapat turut meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia. Uang yang disimpan di perbankan juga dapat lebih mudah ditransaksikan secara nontunai menggunakan berbagai macam kanal pembayaran, baik yang berbasis kartu maupun secara digital melalui mobile banking dan QRIS yang tentunya lebih cepat, mudah, murah, aman, dan handal.

Masyarakat agar senantiasa menjaga dan merawat rupiah dengan baik, salah satunya melalui 5 Jangan, yaitu jangan dilipat, jangan dicoret, jangan distapler, jangan diremas, dan jangan dibasahi. 

BI Cabang Solo saat menyerahkan baru kepada Samin setelah uang yang rusak direkonstruksi dan ditukar. Foto: Ist.
BI Cabang Solo saat menyerahkan uang baru kepada Samin setelah uang yang rusak direkonstruksi dan ditukar. Foto: Ist.

Kondisi uang rupiah yang baik akan memudahkan dalam mengenali ciri keasliannya. Sebagai satu-satunya alat pembayaran yang sah di NKRI serta sebagai simbol kedaulatan negara, maka masyarakat berperan penting untuk turut menjaga uang rupiah. Salah satunya memperlakukan uang dengan baik melalui cinta, bangga, dan paham rupiah.

Sementara atas bantuan BI Solo, Samin memberikan apresiasi dan mengajak masyarakat untuk menjaga uang rupiah. Salah satunya tidak menyimpan sembarangan uang di rumah, dan membiasakan menabung di bank.

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Follow Berita iNewsJateng di Google News

Bagikan Artikel: