Blusukan Online ala Gibran Jadi Sorotan Tokoh PDIP Jateng

Agregasi Solopos ยท Senin, 12 Oktober 2020 - 07:37:00 WIB
Blusukan Online ala Gibran Jadi Sorotan Tokoh PDIP Jateng
Calon Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka melakukan blusukan online, Minggu (11/10/2020). (iNews.id/Septyantoro)

SOLO, iNews.id - Blusukan online ala calon Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka menjadi sorotan tokoh PDIP Jawa Tengah (Jateng). Metode kampanye virtual dinilai paling efektif mencegah terjadinya kerumunan massa di tengah pandemi Covid-19.

Beberapa minggu ini, Gibran telah menggelar blusukan online dengan alat khusus dan langsung menyambangi warga tanpa harus bertemu secara fisik. Bendahara DPD PDIP Jateng, Agustina Wilujeng Pramestuti mengatakan, blusukan online ini membuktikan Gibran-Teguh bisa memetakan situasi.

“Dalam kondisi pandemi Covid-19 seperti saat ini kampanye model virtual ini paling efektif mencegah kerumunan orang kan,” kata Bendahara DPD PDIP Jateng, Agustina Wilujeng Pramestuti, dikutip dari Solopos.com, Senin (12/10/2020).

Dia menilai, metode blusukan online Gibran bisa menjadi contoh calon-calon kepala daerah lainnya. Meski tidak tatap muka, tapi apa yang disampaikan masyarakat didengarkan langsung Gibran.

“Dengan blusukan online ala Mas Gibran masyarakat bisa tetap menyampaikan keluh kesah dan masukan mereka. Begitu juga calon bisa memaparkan visi-misi dan program kerja bila kelak terpilih,” katanya.

Sekretaris Tim Pemenangan Gibran-Teguh Prakosa, Budi Prasetyo, menyampaikan hal senada saat wawancara dengan wartawan. Menurutnya, strategi khusus kampanye seperti blusukan online cawali Solo, Gibran, mutlak dibutuhkan dalam kondisi pandemi Covid-19.

Kampanye virtual dan daring menjadi pilihan lantaran tak menimbulkan kerumunan massa, tapi komunikasi tetap berjalan.

“Dengan metode kampanye seperti ini kami berharap tak muncul klaster baru Covid-19,” urainya.

Prinsip kewaspadaan itu, menurut Budi, selaras dengan imbauan Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo tentang kondisi pandemi Covid-19. Rudy menyerukan dua paslon tetap menerapkan prinsip tiga M dalam kampanyenya.

“Tiga M yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan pakai sabun,” katanya.

Artikel ini telah tayang di Solopos.com dengan judul "Tokoh PDIP Jateng: Blusukan Online Ala Gibran Cawali Solo Bisa Jadi Contoh!"

Editor : Nani Suherni