BMKG Imbau Warga Banyumas Waspadai Hujan dengan Intensitas Lebat

Antara ยท Sabtu, 29 Mei 2021 - 17:52:00 WIB
BMKG Imbau Warga Banyumas Waspadai Hujan dengan Intensitas Lebat
Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap, Teguh Wardoyo. Foto: ANTARA/Sumarwoto.

BANYUMAS, iNews.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga Jawa Tengah bagian selatan, khususnya Kabupaten Banyumas mewaspadai hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. Hujan diprediksi masih berpotensi terjadi dalam beberapa hari ke depan.

"Saat ini ada gangguan cuaca akibat pengaruh gelombang atmosfer berupa ekuatorial Rossby," kata Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap, Teguh Wardoyo, Sabtu (29/5/2021). 

Gelombang ekuatorial Rossby, terpantau aktif di Sumatera Utara, Bengkulu, Lampung, Pulau Jawa, Pulau Bali, dan Nusa Tenggara Barat. 

Kondisi ini mengakibatkan terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang hampir merata di wilayah Jawa, termasuk Jateng bagian selatan.

"Biasanya gangguan cuaca seperti ini berlangsung selama 5-10 hari. Khusus untuk Kabupaten Cilacap, Banyumas dan sekitarnya saat sekarang masih berlangsung masa pancaroba atau transisi dari musim hujan menuju kemarau, sehingga hujan memang masih berpotensi terjadi," katanya.

Teguh mengatakan berdasarkan prakiraan BMKG, sebagian besar wilayah Kabupaten Banyumas akan memasuki awal musim kemarau pada dasarian (10 hari) ketiga bulan Juni 2021.

Editor : Ary Wahyu Wibowo