BMKG: Pasang Air Laut Penyebab Banjir Rob di Pantura Tertinggi sejak Tahun 2002

Binti Mufarida · Rabu, 25 Mei 2022 - 06:22:00 WIB
BMKG: Pasang Air Laut Penyebab Banjir Rob di Pantura Tertinggi sejak Tahun 2002
Penampakan foto udara kawasan pelabuhan Tanjung Emas Semarang masih terendam banjir rob. (IST)

JAKARTA, iNews.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut pasang air laut penyebab terjadinya banjir rob di pantai utara (pantura) tertinggi sejak pengamatan tahun 2002 atau 20 tahun lalu. Ketinggian pasang air laut  mencapai 210 cm.

“(Kejadian) rob kemarin yang menimbulkan bencana memang kalau dari analisa kami itu hubungan antara dua itu adanya pasang dan gelombang tinggi,” kata Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Emas Semarang, Retno Widyaningsih saat dihubungi melalui sambungan telepon, Selasa (24/5/2022).

Dia mengatakan tinggi pasang air laut sudah mencapai 210 cm. Dan ini merupakan tertinggi sepanjang pengamatan tahun 2002 lalu.

“Di kami, jam 15 sampai 16 tercatat pasangnya sudah 210 cm. Ini menjadi pasang tertinggi sepanjang kami pernah melakukan pengamatan dari tahun pengamatan 2002. Jadi, 20 tahun kami mengamati pasang itu ini yang paling tinggi,” katanya.

Retno pun mengatakan banjir Rob ini juga diperparah adanya tanggul pelabuhan yang jebol. “Kemarin di Pelabuhan terkonfirmasi adanya tanggul yang jebol. Di sisi PT Lamicitra.”

“Nah itu menimbulkan luapan dari air laut yang luar biasa ke pelabuhan sehingga area pelabuhan itu tergenang air antara setengah meter sampai satu setengah meter,” ujarnya.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: