BMKG : Waspadai Hujan Lebat di Perairan Utara dan Selatan Jawa

Binti Mufarida · Minggu, 07 Agustus 2022 - 13:06:00 WIB
BMKG : Waspadai Hujan Lebat di Perairan Utara dan Selatan Jawa
Curah hujan masih cukup tinggi pada Agustus 2022. (Foto: Ilustrasi/Ist)

JAKARTA, iNews.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian wilayah Indonesia masih mengalami hujan dengan intensitas tinggi. Prakiraan hujan lebat terjadi pada dasarian satu atau dua pada bulan Agustus 2022.

Kondisi tersebut akibat dinamika atmosfer secara global menunjukan nilai Southern Oscillation Index positif 8.7 dan Indian Ocean Dipole minus 0.88. 

“Artinya kedua fenomena global ini masih dapat memberikan pengaruh besar terhadap pertumbuhan awan-awan hujan di wilayah Indonesia bagian barat dan timur,” kata Prakirawan BMKG, Achmad Rifani dikutip dari YouTube resmi BMKG, Minggu (7/8/2022).

Selain itu, kata Rifani, curah hujan tinggi juga diakibatkan suhu muka laut yang hangat terdapat di perairan sebelah barat Sumatera Barat hingga Lampung, perairan sebelah utara dan selatan Jawa hingga Bali, Laut Natuna, Laut Sulawesi, perairan sekitar Maluku, Maluku Utara dan Papua Barat serta perairan sebelah selatan Papua.

Sementara itu, saat ini NJO berada di kuadran 3 meski dalam kondisi netral namun secara spasial masih tampak NJO di wilayah Sumatera bagian utara yang berkontribusi terhadap peningkatan pertumbuhan awan-awan hujan.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: