BNNP DIY Tangkap Kurir Narkoba Asal Aceh yang Bawa 1 Kilogram Sabu

Kuntadi ยท Jumat, 14 Februari 2020 - 12:23 WIB
BNNP DIY Tangkap Kurir Narkoba Asal Aceh yang Bawa 1 Kilogram Sabu
BNNP DIY ringkus kurir sabu asal Aceh dengan barang bukti 1 kilogram sabu (Foto: iNews/Kuntadi)

YOGYAKARTA, iNews.id - Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) DIY menangkap kurir narkoba berinisial MI (23) di basement Apartement Malioboro City Depok, Sleman, pada Kamis (13/2/2020) malam. Petugas menyita 1,095 kilogram sabu dari tangan MI.

"Kami amankan Kamis malam kemarin sekitar pukul 20.00 WIB di basement apartemen," kata Kepala BNNP DIY I Wayan Sugiri, Jumat (14/2/2020).

Dari data identitasnya, MI merupakan warga Bireun, Aceh. Saat ini, polisi masih melakukan penyelidikan untuk mengungkap dugaan jaringan narkoba yang lebih besar.

Wayan menjelaskan, pengungkapan kasus ini berawal dari informasi warga. Kemudian ditindaklanjuti petugas di lapangan. Hingga terdeteksi keterlibatan tersangka.

Saat dilakukan penangkapan tersangka membawa sebuah kardus berisi makanan cokelat. Namun, dari penggeledahan terdapat sabu-sabu yang di-press dan direkatkan dengan kardus untuk menyamarkan.

"Sebenarnya ini modus lama dan pernah kami temukan di 2008," ujarnya.

Dia memastikan sabu-sabu yang diamankan merupakan narkotika golongan I. BNNP telah melakukan uji keaslian dan memastikan kandungan methaphetamin.

"Kami akan konsisten melakukan penindakan peredaran narkoba. Setidaknya sabu-sabu ini bisa menyelamatkan 6.000 orang," katanya.

Tersangka sudah mengaku sebagai kurir narkoba. Dia berstatus mahasiswa di Aceh. Namun, barang itu hendak dikirim ke mana pelaku masih bungkam. Sementara handphone tersangka dalam kondisi hang dan akan dilakukan pelacakan.

"Barang itu dibawa dari Sumatera dengan darat," ujarnya.

Tersangka bakal dijerat Pasal114 ayat 2 Undang-undang Nomro 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, dengan ancaman minimal 5 tahun dan maksimal 20 tahun penjara.

"Pengakuannya dia baru pertama kali," ucapnya.


Editor : Nani Suherni