Bom Bunuh Diri di Makassar, Pengamat Terorisme: Pesan Solidaritas Jaringan Teroris

Taufik Budi · Minggu, 28 Maret 2021 - 13:12:00 WIB
Bom Bunuh Diri di Makassar, Pengamat Terorisme: Pesan Solidaritas Jaringan Teroris
Api masih berkobar di sekitar motor yang hangus terbakar di Gereja Katedral Makassar. (Foto: Istimewa)

SEMARANG, iNews.id - Ledakan bom mengguncang di kawasan Gereja Katedral Makassar Sulawesi Selatan, Minggu (28/3/2021). Aksi tersebut dinilai membawa pesan solidaritas setelah polisi gencar melakukan penangkapan sejumlah terduga teroris.

Pengamat terorisme, Najahan Musyafak mengatakan, ledakan bom yang terjadi sekitar pukul 10.28 WITA itu tak lepas dari kasus-kasus sebelumnya. Terlebih, sejak awal tahun   ini Densus 88 Antiteror Mabes Polri terus memburu jaringan-jaringan teroris.

"Kita ini tidak bisa melihat satu masalah itu menjadi single accident, tetapi kita harus meruntut meskipun hari ini belum ketahuan siapa (pelaku)," kata Najahan.

"Tetapi kalau kita lihat rentetan peristiwa di bulan ini bahkan mulai awal tahun, mulai ada penangkapan-penangkapan di antaranya Surabaya, terus di Medan, kemudian di Makassar terjadi pengeboman," katanya.

Menurutnya, pelaku pengeboman dengan sejumlah terduga teroris yang ditangkap tak selalu saling mengenal. Namun, mereka terikat dalam satu ideologi yang sama untuk menegakkan khilafah.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2