BPBD Boyolali Semprot Abu Vulkanis yang Guyur 2 Desa di Lereng Merapi

Tata Rahmanta ยท Sabtu, 14 Agustus 2021 - 12:29:00 WIB
BPBD Boyolali Semprot Abu Vulkanis yang Guyur 2 Desa di Lereng Merapi
Petugas BPBD Boyolali saat menyemprot abu vulkanis di lereng Gunung Merapi, Sabtu (14/8/2021). Foto: iNews/Tata Rahmanta.

BOYOLALI, iNews.idBPBD Kabupaten Boyolali membersihkan sisa abu vulkanis Gunung Merapi yang mengguyur dua desa di Kecamatan Selo. Sisa abu disemprot air dengan mobil tangki guna  meminimalisasi risiko gangguan pernapasan terhadap warga. 

Pembersihan abu vulkanis di Desa Klakah, Kecamatan Selo, dilaksanakan petugas BPBD Boyolali mulai Sabtu (14/8/2021) pagi. Penyemprotan menyasar jalan utama maupun gang di desa tersebut.

Desa di lereng Gunung Merapi ini, tiga hari berturut-turut diguyur hujan abu vulkanis. Saat kegiatan penyemprotan, anak-anak turut memanfaatkannya untuk mandi bersama. 

Keberadaan abu vulkanis sangat mengganggu warga. Selain menimbulkan gangguan pernapasan, abu juga membuat tanaman pertanian menjadi rusak.

“Kami akan terus melakukan penyemprotan untuk membersihkan abu vulkanis,” kata Kepala BPBD Boyolali, Bambang Sinungharjo. 

Sebelumnya BPBD Boyolali juga menyemprot abu vulkanis di Desa Tlogolele yang jaraknya sekitar 3 kilometer dari puncak Merapi. Penyemprotan di Desa Tlogolele menghabiskan air sepuluh tangki, dan kini dilanjutkan ke Desa Klakah. 

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Bagikan Artikel: