Buat Onar di Lapas Purwodadi, 20 Napi Asal Cipinang dan Solo Dipindah ke Nusakambangan

Rustaman Nusantara ยท Rabu, 25 Maret 2020 - 11:32 WIB
Buat Onar di Lapas Purwodadi, 20 Napi Asal Cipinang dan Solo Dipindah ke Nusakambangan
Pemindahan 20 napi dari Lapas Purwodadi, Grobogan, Jateng, pada Rabu (25/3/2020). (Foto: iNews/Rustaman Nusantara)

GROBOGAN, iNews.id - Sebanyak 20 dari 58 narapidana titipan dari Lapas Cipinang, Jakarta dan Solo, Jawa Tengah (Jateng) dipindahkan ke Nusakambangan, Cilacap pada Rabu (25/3/2020) dini hari. Hal itu untuk menghindari kerusuhan susulan.

Ke 20 napi langsung diberangkatkan dengan pengawalan ketat dari Polres Grobogan. Sebelum berangkat, seluruh napi digeledah untuk mengantispasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Jawa Tengah Marasirin Siregar mengatakan, pemindahan ini buntut dari kerusuhan yang terjadi dalam rutan kelas II Purwodadi, Grobogan pada Selasa (24/3/2020) sore. Dalam kerusuhan tersebut, ke 58 napi sempat memecahkan kaca aula rutan, membakar karet ban, merusak net lapangan tenis serta menganiaya tiga napi lainnya secara terpisah.

"Ini untuk ketertiban kita semua, jadi hari ini harus ada pergeseran," katanya, Rabu (25/3/2020).

Dia menjelaskan pemilihan 20 napi ini berdasarkan pantauan dari petugas lapas. Diakuinya paling banyak yang dipindahkan yakni mereka yang dari Jakarta.

"Sesuai pengamatan teman-teman di sini, terutama mereka (napi) yang pindahan dari Jakarta," ujarnya.

Saat ini, tiga napi yang dianiaya telah kembali ke sel lama. Menurut laporan yang diterima, ketiga napi tersebut dianggap memata-mati penghuni lain hingga aksi mengeroyokan terjadi.


Editor : Nani Suherni