Cegah Bencana, Ribuan Pendaki Tanam 3.240 Pohon di Gunung Ungaran Kendal

Eddie Prayitno ยท Senin, 27 Januari 2020 - 02:38:00 WIB
Cegah Bencana, Ribuan Pendaki Tanam 3.240 Pohon di Gunung Ungaran Kendal
Bupati Kendal Mirna Annisa bersama komunitas 1001 pecinta alam menanam pohon di lereng Gunung Ungaran. (Foto: iNews/Eddie Prayitno)

KENDAL, iNews.id – Ribuan pendaki dan pecinta alam dari berbagai daerah di Indonesia menanam ribuan pohon di lereng Gunung Ungaran, sektor Promasan, Kendal, Minggu (26/1/2020). Upaya itu untuk mencegah penggundulan hutan sekaligus mengantisipasi bencana alam.

Bupati Kendal, Mirna Annisa mengatakan, total ada 3.240 pohon berbagai jenis yang ditanam lebih dari 1.800 pendaki dan pecinta alam dari berbagai daerah.

Menurut Mirna, jumlah pendaki yang turut memeriahkan gerakan tanam pohon terus meningkat. “Alhamdulillah beberapa tahun ini setiap saya ikut menanam, banyak pendaki yang jelas berpartisipasi dalam gerakan tanam pohon dengan tema 1001 pendaki. Tahun 2019 kemarin kurang lebih 1.200 pendaki dan saat ini sungguh luar biasa mencapai 1.800 pendaki yang hadir, jelas ini menandakan semakin besarnya orang yang peduli pelastarian,” katanya.

Ketua panitia, Sigit Wijanarko mengatakan, penanaman pohon oleh komunitas 1.001 pendaki tahun ini menanam 3.240 pohon dengan 15 jenis pohon salah satunya pohon Kendal sebanyak 150 bibit.

“Kesadaran oleh masyarakat akan pentingnya pelestarian ini sungguh luar biasa, sejak pendaftaran kemarin siang pada hari sabtu memang sudah banyak. Untuk tahun ini kami juga menanam lebih banyak bibit pohon dan jenisnya salah satunya kami sertakan Pohon Kendal,” ujar Sigit Wijanarko.

Seorang pendaki, Dian Adi menanggapi positif tentang kegiatan yang dilakukan terutama kesadaran akan lingkungan, terkait kondisi jalan dan penunjuk arah dirinya menyebut saat ini sudah mulai ada peningkatan bila dibanding tahun kemarin. "Lebih baik dari tahun kemarin, karena sekarang penunjuk arah sudah banyak terpasang di beberapa titik,” katanya.

Pasca-penanaman pohon, nantinya komunitas 1001 Pendaki akan terus mengawasi dan merawat pohon selama 1 bulan setelah proses tanam, hal lain juga Bupati menyempatkan melihat tulisan penyemangat yang pernah ditulis pada tahun 2019 untuk mengajak melakukan pelestarian pohon dan merawat alam.

Editor : Kastolani Marzuki

Bagikan Artikel: