Cegah Penyebaran Covid-19, Masjid di Pantura Kendal Disemprot Disinfektan

Eddie Prayitno ยท Kamis, 19 Maret 2020 - 19:00 WIB
Cegah Penyebaran Covid-19, Masjid di Pantura Kendal Disemprot Disinfektan
Petugas Dinkes Kendal menyemprotkan disinfektan di masjid kawasan Pantura untuk mencegah penyebaran Covid-19. (Foto: iNews/Eddie Prayitno)

KENDAL, iNews.id - Satgas Antisipasi Covid-19 dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal menyemprot cairan disinfektan di seluruh masjid sepanjang jalur Pantura mulai perbatasan Batang hingga Kota Semarang, Kamis (19/3/2020).

Penyemprotan tersebut untuk menjaga supaya tempat ibadah terbebas dari virus maupun kuman. Masjid yang menjadi sasaran penyemprotan disinfektan di antaranya Masjid Cangkring, Masjid Brangsong, Masjid Puskesmas Brangsong, Masjid Arteri Kaliwungu, dan Masjid Al Mutaqqin Kaliwungu.

Koordinator Satgas Antisipasi Covid-19 Dinkes Kendal, Haryono mengatakan, penyemprotan masjid-masjid sepanjang Pantura sering disinggahi oleh masyarakat dari luar Kendal baik menunaikan ibadah ataupun hanya singgah untuk istirahat.

“Penyemprotan disinfektan ini untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat yang melaksanakan ibadah. Penyemprotan dilakukan karena masjid sepanjang jalur pantura kerap disinggahi masyarakat sehingga rentan penyebaran virus khususnya Covid-19,” katanya.

Penjaga Masjid Raya Darul Muttaqien Brangsong, Sukini menyambut baik penyemprotan disinfektan di masjid-masjid karena membuat para jemaah merasa lebih nyaman, sehingga tidak was was atau takut berada di masjid.

“Kami juga sudah melakukan langkah antisipasi untuk ikut mencegah penyebaran virus Covid-19 yaitu dengan menyediakan antiseptik bagi pengunjung masjid,” katanya.


Editor : Kastolani Marzuki