Cerita Lasmi, Legenda Ledek Tayub Grobogan Pernah Tampil dengan Bayaran Rp15.000

Ahmad Antoni ยท Selasa, 20 April 2021 - 21:29:00 WIB
Cerita Lasmi, Legenda Ledek Tayub Grobogan Pernah Tampil dengan Bayaran Rp15.000
Gubernur Ganjar Pranowo saat mengunjungi Legenda Tayub Grobogan, Lasmi Sulastri di Dusun Sambong Harjo Desa Kalisari, Kradenan, Grobogan. (Istimewa)

GROBOGAN, iNews.id - Legenda Tayub Grobogan, Lasmi Sulastri melantunkan lagu Caping Gunung yang mengalun merdu. Lagu itu dia nyanyikan khusus untuk menyambut Gubernur Jateng Ganjar Pranowo yang mengunjungi rumahnya di Dusun Sambong Harjo Desa Kalisari Kecamatan Kradenan, Kabupaten Grobogan, Selasa (20/4/2021).

Berikut lantunan lagu Caping Gunung: Dek jaman berjuang, Njur kelingan anak lanang, Mbiyen tak openi, Ning saiki ana ngendi? (ketika zaman berjuang, kemudian ingat anak laki-laki dulu tak asuh. Tapi sekarang ada dimana?)

Waranggono berusia 61 tahun itu tampak sumringah menyambut tamu spesial, orang nomor satu di Jawa Tengah. "Sugeng rawuh pak Ganjar, monggo pinarak (selamat datang pak Ganjar, silahkan duduk)," sapa Lasmi pada Ganjar usai menyanyikan lagu untuk menyambut tamunya itu.

Ganjar pun langsung duduk lesehan di atas tikar. Tak ada kursi meja atau ornamen menonjol di rumah sederhana itu. Hanya gambar sepasang penari tayub di dinding dan foto masa muda Lasmi yang terpasang di sana.

Obrolan antara Ganjar dan Lasmi berlangsung sangat hangat. Diselingi canda tawa, Ganjar mendapat banyak cerita tentang masa lalu Lasmi yang moncer di dunia seni tempo dulu. Apalagi, beberapa kali Ganjar minta Lasmi menyanyikan beberapa lagu dan dituruti.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: