Covid-19 Masih Belum Terkendali, GP Ansor Minta Pemerintah Tak Kendor

Nani Suherni ยท Minggu, 29 November 2020 - 23:00:00 WIB
Covid-19 Masih Belum Terkendali, GP Ansor Minta Pemerintah Tak Kendor
Apel kebangsaan secara virtual yang diikuti 6.410 kader Banser. (Foto: Istimewa)

REMBANG, iNews.id – Sudah sembilan bulan lamanya pandemi Covid-19 melanda Indonesia. Selama itu pula, virus ini tercatat telah menjangkiti lebih dari setengah juta penduduk dan sampai kini penularannya belum terkendali.

Di tengah tantangan bangsa yang besar ini, Gerakan Pemuda (GP) Ansor meminta pemerintah untuk tidak goyah kendati menghadapi berbagai keterbatasan dan persoalan yang kompleks.

Dukungan langsung kepada pemerintah tersebut disampaikan Ketua Umum Pimpinan Pusat GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas saat memberikan orasi pada Apel Kebangsaan Virtual, di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, Minggu (29/11/2020) pagi. Kegiatanng yang digelar virtual ini dengan menerapkan protokol kesehatan ketat, sepert memakai masker, faceshield dan menjaga jarak.

"Kepada pemerintah saya mengingatkan agar tetap tidak kendor dalam penanganan Covid-19. Tegakkan pelaksanaan protokol kesehatan dan aturan hukum dengan tegas dan adil,” ujar Gus Yaqut-sapaan akrabnya, Minggu (29/11/2020).

Sikap tegas pemerintah tersebut sangat penting agar penanganan virus yang telah menjangkiti nyaris seluruh negara di dunia ini bisa segera teratasi. Apalagi hingga kini vaksin yang terbukti ampuh melawan virus juga belum tersedia.

Ansor meminta pemerintah melakukan deteksi dini dengan mencegah potensi kerumunan yang dilakukan suatu kelompok masyarakat. Berpijak pada kasus yang telah terjadi seperti di Petamburan, Tebet, tempat-tempat wisata saat libur panjang, kerumunan massa sangat rentan menjadi sarana penyebaran baru virus tersebut.

Editor : Donald Karouw