Dampak Kenaikan BBM, Nelayan di Kendal Alih Profesi Membuat Kerajinan Boneka Dawangan

Eddie Prayitno ยท Selasa, 20 September 2022 - 21:58:00 WIB
Dampak Kenaikan BBM, Nelayan di Kendal Alih Profesi Membuat Kerajinan Boneka Dawangan
Seorang nelayan di Kabupaten Kendal membuat kerajinan boneka dawangan setelah tidak bisa melaut sebagai dampak kenaikan harga BBM dan cuaca buruk. Foto: iNews/Eddie Prayitno.

KENDAL, iNews.id – Sejumlah nelayan di Kelurahan Bandengan, Kabupaten Kendal sejenak beralih profesi setelah tak bisa melaut sebagai dampak cuaca buruk dan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM). Mereka membuat kerajinan boneka dawangan yang biasa digunakan dalam kesenian barongan. 

Sejumlah nelayan beralih profesi agar tetap bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari dan dapur tetap mengepul. Pascakenaikan harga BBM, membuat para nelayan jarang melaut. 

“Hasil yang didapat tidak menutup untuk biaya melaut. Apalagi cuaca kurang menentu, membuat saya semakin tidak berani melaut,” kata salah satu nelayan, Suwardi, Selasa (20/9/2022). 

Ketika banyak waktu luang karena tidak bisa melaut, dirinya membuat kerajinan boneka dawangan. Kerajinan dari bahan kayu sengon ini biasa dimainkan pada kesenian tradisional barongan. 

Menurutnya, pekerjaan sebagai nelayan sekarang ini tidak menentu. Kenaikan harga BBM dan kesulitan mendapatkan bahan bakar kapal semakin membuat nelayan terpuruk. 

Saat ini, sejumlah rekan sesama nelayan melakukan usaha sampingan untuk sekedar memenuhi kebutuhan sehari-hari. Saat musim tertentu, seperti ketika ombak besar, nelayan dengan perahu kecil terpaksa tidak melaut. 

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsJateng di Google News

Bagikan Artikel: