Dewan Sebut Pengelolaan Aset Pemprov Jateng Masih Kesulitan Tarik Investor

Ahmad Antoni · Jumat, 11 Juni 2021 - 22:06:00 WIB
 Dewan Sebut Pengelolaan Aset Pemprov Jateng Masih Kesulitan Tarik Investor
Para narasumber saat berbicara dalam Prime Topic MNC Trijaya FM bertema Tata Kelola Aset Pemprov Jateng di Gets Hotel Semarang, Jumat (11/6/2021). (foto: Istimewa)

SEMARANG, iNews.id – Pengelolaan aset-aset milik Pemprov Jateng hingga saat ini belum menunjukkan peningkatan positif. Sehingga perlu dioptimalkan agar mampu memberikan kontribusi bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Sebab itu, DPRD Jateng akan terus mendorong pengelolaan aset-aset Pemprov bisa dioptimalkan. Selain itu akan mengusulkan stuktur kelembagaan bisa diubah yang dipimpin pejabat eselon dua dari saat ini dikendalikan pejabat eselon tiga.

Wakil Ketua Komisi A DPRD Provinsi Jateng Fuad Hidayat mengatakan pengelolaan aset Pemprov Jateng masih kesulitan menarik investor untuk melakukan kerja sama pengembangan usaha, akibat terbentur berbagai peraturan dan ketentuan birokrasi.

“Pengembangan pengelolaan usaha aset-aset milik Pemprov selama ini masih terlihat minim dan kesulitan untuk menggandeng pihak ketiga akibat berbagai peraturan,” kata Fuad dalam Prime Topic MNC Trijaya FM bertema Tata Kelola Aset Pemprov Jateng di Gets Hotel Semarang, Jumat (11/6/2021).

“Pengelolaan pengembangan usaha aset, harusnya dikerjasamakan, sebagai upaya untuk mendongkrak pendapatan daerah,” katanya. Menurutnya,  kelembagaan pengelolaan aset perlu diubah dengan dipimpin pejabat eselon dua sejajar dengan kepala dinas yang diharapkan otoritas lebih tinggi hingga mampu mengambil  keputusan semakin kuat.

“Kami akan mengusulkan perubahan kelembagaan itu setara Badan/Dinas yang dipimpin pejabat eselon dua pada rapat pembahasan Perda mendatang hingga diharapkan pengelolaan aset Pemprov Jateng bisa lebih optimal,” kata Fuad.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2