Dihantam Pandemi Covid-19, Sarung Goyor Tegal Tetap Bisa Ekspor

Taufik Budi ยท Kamis, 07 Mei 2020 - 15:25:00 WIB
Dihantam Pandemi Covid-19, Sarung Goyor Tegal Tetap Bisa Ekspor
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melihat produksi sarung Goyor di Tegal (Foto: Dok Humas Pemprov Jateng)

TEGAL, iNews.id - Pandemi Covid-19 melemahkan seluruh kegiatan perekonomian khususnya industri kecil. Meski demikian, beberapa industri kecil dan menengah di Jawa Tengah masih bisa tumbuh bahkan tetap mengekspor produknya.

Salah satunya, industri kecil menengah yang masih eksis di Jalan Kauman Tengah Kota Tegal. Industri yang bergerak di bidang tekstil dengan produk utama sarung goyor ini bahkan masih tetap mengekspor ke beberapa negara Timur Tengah.

Tak hanya itu, ada pula UKM produksi batik tulis Cempaka Mulya yang tetap berproduksi. Dengan melibatkan 200 pekerja, UKM itu masih berproduksi dan menerima pesanan dari luar. Roda perekonomian masih terus bergulir.

Untuk industri sarung goyor, industri ini dijalankan dua kakak beradik bernama Fahmi Lukman dan Nabil Lukman. Mereka menyampaikan, meski pasar Jeddah Arab Saudi tutup karena lockdown, pasar lain masih bagus.

"Di Dubai, Kenya dan Somalia masih menerima. Kami sampai sekarang masih tetap ekspor ke negara-negara itu," kata Fahmi, Kamis (7/5/2020).

Menurutnya, pandemi Covid-19 ini memang memukul penjualan dalam negeri. Namun untuk ekspor, pangsa pasar tetap terbuka. Bahkan, mereka harus mencari tambahan karyawan untuk memenuhi pesanan dari luar negeri.

"Bahkan karena pesanan meningkat, kami sampai kesulitan mencari karyawan. Akhirnya, kami melakukan pelatihan dan memberdayakan saudara-saudara yang ada di lembaga pemasyarakatan," ucapnya.

Fahmi mengatakan sudah menekuni bisnis itu sejak 2012. Selama delapan tahun beroperasi, terjasi pasang surut produksi. Namun demikian, perusahaan tersebut tetap eksis dan bisa menghidupi banyak karyawan.

Editor : Nani Suherni