Dinas Perhubungan Periksa Kendaraan Wisata di Kulonprogo

Kuntadi ยท Selasa, 24 Desember 2019 - 13:00 WIB
Dinas Perhubungan Periksa Kendaraan Wisata di Kulonprogo
Dinas Perhubungan Kulonprogo memeriksa kendaraan wisata di lokasi wisata Nglinggo, Selasa (24/12/2019). (Foto: iNews/Kuntadi)

WATES, iNews.id – Setelah memeriksa dan menggelar ramp check bus angkutan umum di Terminal Wates, Dinas Perhubungan Kulonprogo mengecek kendaraan wisata jenis shuttle bus di kawasan kebun teh Nglinggo di Perbukitan Menoreh, Kulonprogo. Ramp check ini dilakukan untuk memberi rasa aman dan kenyamanan bagi wisatawan.

“Ada puluhan kendaraan yang kami cek untuk memastikan kelayakan kendaraan agar wisatawan lebih aman dan nyaman,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kulonprogo, L Bowo Pristiawan, Selasa (24/12/2019).

Objek wisata kebun teh Nglinggo-Tritis berpotensi jadi tujuan wisata di Yogyakarta selama libur natal dan tahun baru karena keindahan panorama yang menarik. Ada beberapa objek wisata lain di kawasan ini yang menawarkan keindahan panorama bukit.

Bahkan di sekitar kawasan ini juga ada objek wisata Glamping DeLano yang masuk wilayah Kabupaten Purworejo, Jateng. Objek wisata ini dikembangkan oleh Badan Otorita Borobudur (BOB) sebagai penyangga wisata Candi Borobudur.

Karena lokasinya yang ada di atas bukit, tidak semua kendaraan bisa naik. Banyak yang harus beralih dengan menggunakan kendaraan shuttle bus atau mobil offroad. Bagi yang ingin menyusuri perbukitan juga ada paket wisata adventure menggunakan mobil offroad.

Oleh karena itu Bowo mengimbau operator kendaraan untuk memelihara dan memperhatikan kondisi kendaraa wisatanya. “Kami minta operator untuk hati-hati, karena maemang medannya berbukit-bukit dan aksesnya cukup sulit,” katanya.

Pelaku wisata Melky Rimbono mengapreasiasi langkah Dinas Perhubungan Kulonprogo yang melakukan pengecekan kendaraan. Selama ini pengelola sudah rutin melakukan pengecekan untuk memastikan kendaraan siap melayani wisatawan.

“Pemerintah daerah setempat sudah memeriksa sesuai standar keselamatan dan standar pelayanan,” katanya.

Di samping melakukan pengecekan, dinas juga memasang rambu-rambu tambahan menuju ke objek wisata. Rambu ini sangat diperlukan untuk memandu pengguna jalan.

Sebelumnya, ramp check dilakukan terhadap kendaraan wisata di Pengasih. Pemeriksaan dilakukan terhadap sejumlah mobil jip yang dipakai untuk melayani wisatawan ke Kalibiru, Pule Payung, Waduk Sermo hingga beberapa objek wisata di Kulonprogo lainnya.


Editor : Rizal Bomantama